oleh

Open Nasional Kejuaraan Sepak Bola Piala Bupati Kubar 2019 Bakal ‘Guncang’ Stadion Swalas Gunaq Sendawar

Kutai Barat, faktapers.id – Dalam waktu dekat, masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, akan dihebohkan dengan Open Nasional Kejuaraan Sepak Bola Piala Bupati Kutai Barat 2019 yang akan digelar sejak 17 Juni mendatang.

Klub sepak bola putra dan putri 16 kecamatan se-Kubar akan berlaga di Stadion Swalas Gunaq, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar. Lebih heboh lagi kejuaraan ter-akbar dalam tahun 2019 di Kubar tersebut akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 156 juta. Setiap klub sepak bola diperbolehkan mengambil pemain dari luar Kubar, termasuk pemain nasional jika mampu, guna memperkuat tim masing-masing.

Dalam Rapat Pemantapan bersama Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kubar dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kubar, juga Panitia Kejuaraan Sepakbola Piala Bupati Kubar 2019, disimpulkan sejumlah kesepatan. Diantaranya, waktu pelaksanaan dimulai 17 Juni 2019.

“KONI Kubar sangat antusias dan mendukung kegiatan ini. Berharap agar Askab PSSI dan panitia melakukan persiapan matang. Berkoordinasi dengan Dispora Kubar, mempersiapkan Stadion Sawalas Gunaq, agar bisa dipakai aman dan nyaman dalam pertandingan,” jelas Ketua Umum KONI Kubar, Stepanus Ujung SP, didampingi Sekretaris Umum KONI Kubar, Tobiyas F Kainama serta sejumlah pengurus KONI Kubar dalam Konferensi Pers usai rapat itu di Kantor Sekretariat Paguyuban Sempekat Tonyooi Benuaq (STB), Komplek Business Center Tinggi Diraja, Sendawar, Jumat (10/5/19).

Stepanus Ujung menambahkan, kejuaraan itu sebagai hiburan tahunan bagi masyarakat se-Kubar. Karena even tersebut mirip dengan kejuaraan nasional yang dilaksanakan didaerah. Karena itu menurutnya, diharapkan sukses dalam penyelenggaraan, sukses pendanaan, dan sukses prestasi.

“Mengundang pemain sepakboola luar daerah, berkolaborasi dengan pemain sepakbola Kubar. Dengan kehadiran pemain luar bisa memberikan pembelajaran kepada atlet-atlet sepakbola Kubar, bagaimana sesungguhnya mengelola sepakbola secara professional,” ungkapnya.

“KONI Kubar akan memberikan bantuan dana yang cukup kepada panitia, yakni untuk memberikan uang pembinaan kepada tim yang berprestasi dari kecamatan,” tambahnya lagi.

KONI Kubar berharap, 16 kecamatan se-Kubar wajib mengirim tim putra dan putri untuk mengikuti kejuaraan ini. Karena apabila mampu mengirimkan tim, berarti kecamatan tersebut memiliki eksistensi dalam mengelola olahraga sepakbola.

“Tidak ada alasan kecamatan tidak mengirimkan timnya dalam kejuaraan Bupati Cup 2019. Termasuk pelaku usaha yang bisa mensponsori kecamatan, perlu pro aktif,” tandas Stepanus Ujung.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Sepakbola Piala Bupati Kubar 2019, FX Sumardi S.Sos, mengatakan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kubar yang telah mendukung kuat pelaksanaan acara itu.

“Terutama Bupati Kubar FX Yapan SH, juga KONI Kubar, karena telah mempercayakan panitia pelaksana  dalam penyelenggaraan kejuaraan sepakbola Piala Bupati Kubar 2019,” tegasnya, didampingi Plt Ketua Umum Askab PSSI Kubar, Yakobus Yamon S.Pd.,M.Si, serta Bendahara Panitia Pelaksana, Piran.

Dia menjelaskan teknis pelaksanaan kejuaraan itu, diikuti oleh tim atau klab putra dan putri dari 16 kecamatan se-Kubar. Pelaksanaan pertandingan sistem setengah kompetisi dan sistem gugur.

“Setengah kompetisi itu ada 24 pertandingan, sistem gugur yaitu 8 klab yang akan keluar dengan 16 pertandingan. Total waktu penyelenggaraan selama 16 hari,” sebutnya.

FX Sumardi yang juga DPD KNPI Kubar menuturkan, acara pembukaan sekaligus pertandingan akan dilaksanakan pada 17 Juni 2019 pukul 19.00 Wita di Stadion Swalas Gunaq, Sendawar.

“Malam pembukaan kejuaraan sepak bola Bupati Cup 2019 akan diawali dengan seremonial parade tim sepakbola 16 kecamatan se-Kubar, menghadirkan Duta Wisata Kubar serta sejumlah artis,” tandasnya. iyd

Komentar

News Feed