oleh

Pemkab Klaten Gelar Gladi Bersih Pelantikan 268 Kades Terpilih

Klaten, faktapers.id – Pelantikan 268 kades terpilih hasil Pilkades serentak tahap II yang diadakan 13 Maret 2019 lalu akan digelar pada Kamis (16/5/19) di Pendopo Pemkab Klaten .

Untuk persiapan pelantikan tersebut, para kades terpilih pada Rabu (15/5/19) siang, telah mengikuti gladi bersih pelantikan yang dipimpin Sekda Klaten Jaka Sawaldi dan Asisten I Sekda Klaten Rony Roekmito.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Klaten Joko Purwanto, Kabag Humas Wahyudi Martono. Kemudian juga dihadiri rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten serta dua saksi pelantikan masing-masing Kabag Hukum Lusiana Rina Damayanti dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten Sigit Gatot Budiyanto .

Asisten I Sekda Klaten, Rony Roekmito, menjelaskan, pelantikan kades terpilih diatur dalam Pasal 112 dan Pasal 113 Peratuan Bupati Klaten Nomor 41 Tahun 2018.

“Dalam Pasal 112  Ayat 1 disebutkan dalam hal terdapat calon kepala desa terpilih tidak hadir dalam pelantikan serentak dengan alasan yang sah dan dapat diterima oleh panitia pemilihan kabupaten sebelum dilaksanakan pelantikan, calon kepala desa terpilih yang bersangkutan dilantik tersendiri oleh bupati atau pejabat yang ditunjuk paling lama 7 hari sejak pelantikan serentak dilaksanakan,” kata dia.

Kemudian, kata Rony , Pasal 113 menegaskan Jika calon kepala desa terpilih tidak hadir dalam pelantikan yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri dan bupati mengangkat pejabat kepala desa dari PNS di lingkungan pemerintah daerah berdasarkan usulan tertulis dari camat.

Lebih lanjut, Asisten I Sekda Klaten, Rony Roekmito mengatakan, tamu undangan yang diundang pada kepala desa terpilih sekitar 3.123 orang ditambah aparat keamanan.

“Untuk keperluan pelantikan maka jalan protokol yang ada di depan Kantor Bupati Klaten mulai pojok timur RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Tegalyoso Klaten Selatan ditutup sampai depan pertigaan BRI Klaten dan tamu yang diperbolehkan masuk hanya tamu yang membawa undangan,” ujarnya

Meskipun bulan Puasa, kata Rony Roekmito, panitia pelantikan kades terpilih tetap menyiapkan snack yang nantinya bisa dibawa pulang baik kades yang sudah dilantik maupun tamu undangan untuk berbuka puasa di rumah.

“Pelantikan kades terpilih akan dilakukan Bupati Klaten Sri Mulyani dan panitia mengundang seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) untuk menghadiri acara pelantikan 268 kades terpilih hasil Pilkades serentak tahap II tahun 2019,” kata Rony.

Kepala Dispermades Klaten, Joko Purwanto, menambahkan, pelantikan kades terpilih sebenarnya akan diikuti sebanyak 269 orang.

“Namun yang satu orang kades terpilih meninggal dunia yakni kades terpilih Desa Kwarasan, Kecamatan Juwiring, almarhum Muhammad Sudarwanto yang meninggal dunia pada Minggu malam, 12 Mei 2019. Sehingga yang akan dilantik akhirnya 268 orang,” ungkap Joko.

Oleh Karena itu, Pemkab Klaten menghaturkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum Muhammad Sudarwanto dan semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT dan ditempatkan di surga-Nya Allah SWT. Madi

Komentar

News Feed