Hoax ..! Markas PKI di Keramat Raya

×

Hoax ..! Markas PKI di Keramat Raya

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Banyak tak meyakini gedung di jalan Keramat Raya V Senen ada markas Partai Komunis Indonesia (PKI), seperti yang tulis di satu IG, salah satunya disebar zona_militer

Sebelumnya juga Mantan Panglima Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zein pernah membuat pernyataan mengejutkan dalam forum simposium anti PKI yang digagas olehnya beberapa waktu lalu. Ia menyebut PKI akan bangkit dan sudah memiliki kantor di tengah perkotaan, tepatnya di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

“Ingat, kantor PKI di samping Hotel Acacia, Jalan Matraman, sudah mulai direnovasi seolah-olah dikatakan itu kantor milik PT. Itu mereka akan bangkit, di situlah PKI. Di depan itu indikasi kalau mereka sudah bangun,” sebut Kivlan di Acara Simposium Nasional berjudul “Mengamankan Pancasila dari Ancaman kebangkitan Partai Komunis Indonesia dan Ideologi Lain”, Rabu, 1 Juni 2016 saat itu.

Namun faktanya setelah dilakukan pembuktian kebenaran ucapan purnawirawan Jenderal bintang tiga itu dan ada juga IG yang diyakini iG dibuat oleh yang tak bertanggung jawab ada markas PKI, maka dilakukan investigasi dan menelusuri daerah yang dimaksud. Sebelumnya juga liputan6. com pernah melakukan investigasi.

Ditemukan justru bukan gedung perkantoran, namun ada beberapa deretan warung, toko obat kuat, warung makan, dan bengkel sepeda motor. Selain itu di wilayah tersebut terdapat jejeran toko yang berdempetan, terdapat sebuah gedung kosong yang tampak kusam, ditumbuhi lumut dan rumput liar. Di depan gedung tampak terpasang sebuah tiang bertuliskan “PT Catur Krida Dana Utama” di sebuah plang berwarna hijau.

Gedung yang terhalang pagar seng itu, sulit untuk melihat kondisi fisik gedung dari dekat.

Jika gedung kosong itu yang di maksud oleh Kivlan Zen sebagai markas PKI? Membuat beberapa warga yang tahu tetang lokasi dan riwayat gedung iitu, ketika ditanya mengenai kabar itu mengaku kaget. Pasalnya gedung tersebut sudah lama kosong dan tidak ada yang menjaga.

“Akh, siapa yang bilang, Mas? Sudah lama gak dipakai, gak tahu itu bangunan apa, katanya milik PT, tapi sudah tahunan, Mas, gak dibangun,” ujar Krisman (48) seorang warga Kramat Lontar yang rumahnya berada di Gang III,’ seperti dilansir liputan6.com.

Bahkan salah seorang warga lain mengungkapkan kalau gedung kosong itu dianggap angker lantaran beberapa warga yang melintas pernah melihat penampakan makhluk halus.

“Memang ada PKI di sana, Mas, hantu nya PKI. Jelas-jelas di depan gedung itu kalau jelang malam, banyak yang dagang depannya, kalau tengah malam tempat pacaran,” ucap seorang warga Jalan Kramat Sentiong yang meminta namanya tak dituliskan, merasa lucu ada markas PKI di wilayah Kramat.

Demikian pula Syamsu Rijal, yang saat itu Ketua RW 01, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, mengaku kaget wilayahnya dituding sebagai tempat bercokolnya markas PKI.

“Wah, di mana nya itu kantor nya? Baru dengar saya, gak ada apa-apa di sini, Mas. Saya kenal sekali wilayah saya,” tegas Syamsu.

Ia menegaskan wilayahnya mayoritas kawasan pemukiman.Terlait keberadaan gedung kosong di wilayahnya, Syamsu juga sama seklai tak meyakini kalau gedung itu menjadi markas kegiatan PKI. uaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *