Headline

Kadis Kesehatan Buka Advokasi Percepatan Bebas Karies Anak Sekolah Tingkat Kabupaten Takalar

×

Kadis Kesehatan Buka Advokasi Percepatan Bebas Karies Anak Sekolah Tingkat Kabupaten Takalar

Sebarkan artikel ini

Takalar, faktapers.id – Dalam mencegah terjadinya karies gigi pada anak sekolah, Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar telah menyelenggarakan Advokasi Percepatan Bebas Karies Anak Sekolah, yang dibuka secara langsung Kadis Kesehatan Kabupaten Takalar dr. Hj. Nilal Fauziah, M.Kes, di Gedung PKK Kabupaten Takalar, Senin (24/6/19).

“Advokasi ini merupakan salah satu program upaya pengembangan yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, terutama untuk anak-anak sekolah kita dalam program pembinaan Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS),” ujar Kadis kesehatan dr. Hj. Nilal Fauziah M.Kes saat membuka kegiatan tersebut.

Hasil penjaringan siswa SD/se-tingkat (Madrasah Iftidayyah) tahun 2018, terdapat 5570 anak yang dijaring dan yang perlu mendapatkan perawatan gigi sebesar 4921 atau sekitar 88,35 persen anak ada kelainan atau masalah pada gigi dan mulut.

“Hal ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan gigi adalah masalah kesehatan yang seharusnya menjadi perhatian kita, dan harus segera ditangani terutama pada anak-anak usia sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia,” katanya.

Upaya yang dilakukan dalam mengurangi karies gigi pada anak yaitu, melakukan kampanye dengan melakukan sikat gigi massal di sekolah, dengan bimbingan guru dan menggunakan pasta gigi yang mengandung floride, dan memberikan pengetahuan pada anak akan pentingnya merawat gigi dan mulut dengan hidup sehat.

Ketua pelaksana Hj. Nirwana Nasrullah melaporkan, di antara tujuan pembangunan kesehatan adalah terciptanya masyarakat Indonesia yang hidup dan berperilaku dalam lingkungan yang sehat, dan mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu.

Dilaporkan pula bahwa kegiatan ini berlangsung sehari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang terdiri dari camat, kepala sekolah, kepala puskesmas dan kepala desa.

Dengan pemateri yaitu Kadis Kesehatan Kabupaten Takalar dr. Hj. Nilal Fauziah M.Kes, Kepala bidang pelayanan Kesehatan Nur wahyuni, SKM, dan Kepala Seksi Rujukan dan Tradisional Sabar B. SKM dengan materi masing-masing adalah Kebijakan Usaha kesehatan Gigi Sekolah, Upaya Promotif dan Preventif, Kuratif dan Upaya Kesehatan Gigi Sekolah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala bidang pelayanan kesehatan, kepala seksi rujukan tradisional, dan para camat, kepala desa dan kepala sekolah, kepala puskesmas se-Kabupaten Takalar. Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *