Sistem PPDB Dinilai Amburadul, Masyarakat Kebingungan

×

Sistem PPDB Dinilai Amburadul, Masyarakat Kebingungan

Sebarkan artikel ini

Tangerang, faktapres.id – Sistem dan tata cara penerimaan murid baru selalu menjadi masalah setiap tahunnya. Keluhan masyarakat mengatakan PPDB SMA/SMK di Kabupaten Tangerang tak transparan.

“PPDB di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang banyak masalah. Masyarakat selalu menjadi korban kebijakan premature seperti ini,” ujar sumber yang tak mau disebut namanya, Minggu (30/6/19) malam.

Dikatakannya, salah satu orang tua calon siswa mengadu bahwa anaknya tak bisa masuk ke SMA 28 Kabupaten Tangerang. Karena asal sekolahnya dari Parung Panjang, Bogor. Alasan sekolah karena di luar zona.

Sementara pantauan di lapangan, banyak calon siswa yang berasal dari wilayah yang sama (Parung Panjang) dan dari Tangsel bisa masuk ke SMA 28. Ada apa?

Menerangkan bahwa ‘permainan’ seperti itu tidak fair. “Baik pemerintah pusat dan daerah sepertinya tak pernah memerintahkan untuk ‘pilih-pilih bulu’ terhadap calon siswanya,” singgungnya.

Masyarakat sangat berharap agar penerimaan siswa baru transparan dan dipublikasikan ke situs masing-masing sekolah.

Semua data siswa yang masuk harus dicantumkan alamat asal sekolah, alamat rumah, dan jarak dari rumah ke sekolah.

“Ya kita liat aja di SMA 28 ini. Dari luar zona pun bisa mendaftar dan bisa masuk. Sementara alamat siswa dan jarak ke sekolah tak dicantumkan. Apakah itu namanya transparan,” ucap salah satu orang tua.

“Sistem penerimaan sekarang sangat amburadul dan ‘pilih-pilih bulu’ sehingga menimbulkan kebingungan dan masalah di masyarakat.

“Saya harap Dinas Pendidikan dan Gubernur Banten segera menyikapi permasalahan yang terjadi di lapangan. Mbok ya diperiksa bener-bener apakah sesuai atau tidak,” harapnya. Linda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *