oleh

Kemeriahan Budaya Warnai Festival Sekala Bekhak

Lampung Barat, Faktapers.id – Perhelatan akbar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam Festival Sekala Bekhak VI dibuka oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus ditandai dengan pemukulan gamelan pekhing di Kawasan Sekuting terpadu, Sabtu (6/7) malam.

Kemeriahan Budaya Warnai Festival Sekala Bekhak yang turut dihadiri Kabid Destinasi Pariwisata Provinsi Lampung, Staff ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik Kabupaten Way kanan, Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, Kepala adat Paksi Pak Sekala Brak, ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua DWP Irma Akmal Abd.Nasir , kepala OPD dan camat.

Bupati mengatakan kegiatan ini sebagai ajang Pemkab Lambar melestarikan dan mempertahankan sekaligus memperkokoh seni dan budaya di Lampung Barat. Kemeriahan budaya yang mewarnai event ini merupakan bukti bahwa seni adalah salah satu bentuk pemersatu bangsa, dan dengan adanya festival ini harapannya dapat semakin mempersatukan budaya berbeda dalam suatu bangsa khusunya Lampung Barat.

“Kemudian, dengan hadirnya budaya ini dapat menjadi salah satu cara pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam menjalankan program programnya, karena masyarakat tentunya sangat tertarik akan budaya, sehingga mereka bermula dari memperhatikan budaya yang ada dan dapat mencintai budaya tersebut lalu melestarikannya,” terang . Parosil Mabsus.

Terlebih, lanjutnya, adanya kedekatan antara pemerintah dengan pemangku-pemangku adat dapat terjalin sebuah kerukunan,keharmonisan, dan juga persatuan sehingga ada sebuah falsafah menuju Lampung Barat Hebat.

“Terakhir, terkait hal tersebut festival ini bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat, sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan kedaerah Lampung Barat yang tentunya akan berpengaruh besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati.

Sementara itu laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ronggur S.ip,MM, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk edukasi literasi budaya dan literasi wisata bagi masyarakat. Edi

Komentar

News Feed