oleh

Pangkolinlamil Pimpin Pasukan Kogasgabratmin Pada Apel Gelar Pasukan Armada Jaya Ke 37

Jakarta, faktapers.id – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menghadiri Apel Gelar Kesiapan Latihan Armada Jaya XXXVII Tahun 2019 yang berlangsung di Dermaga Madura, Koarmada II, Ujung Surabaya, Selasa (9/7). Latihan Armada Jaya merupakan latihan peperangan terbesar TNI Angkatan Laut yang melibatkan seuruh komponen SSAT meliputi Kapal Perang, Pangkalan TNI Pesawat udara dan Personel Marinir.

Kekuatan TNI AL yang tergabung dalam beberapa Komando Tugas Gabungan ini diperintahkan untuk menghancurkan kekuatan musuh dan merebut serta menduduki kembali sebagian wilayah Indonesia yang telah dikuasai musuh demi tegaknya keutuhan NKRI.

Latihan yang dilaksanakan dalam dua metode, geladi posko 17-25 Juni lalu dilanjutkan geladi lapangan 9-17 Juli ini mengambil Tema “Kogab TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Apel gelar kesiapan pasukan yang diikuti oleh seluruh Personel dan berbagai alutsista/material tempur TNI AL diantaranya KRI, Kapal Selam, Pesawat Udara, Helikopter, LVT – Seven, Truk 2,5 Ton, BTR, KAPA, Howitzer 105 MM, RM 70 Grad, Jeep, Ambulance, Tank BMP 3F, Tank PT 76 M dan kendaraan taktis lainnya.

Kolinlamil sendiri melibatkan dua Kapal perang kebanggaannya KRI Banda Aceh 593 dan KRI Teluk Bintuni 520 berikut ratusan personel yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang memimpin apel gelar Pasukan mengatakan, latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL yang menggabungkan komponen SSAT dalam penyelenggaraan Operasi Gabungan (Opsgab) TNI, diantaranya adalah Operasi Laut Gabungan (Opslagab), Operasi Amfibi (Opsfib), Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin), Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai) dan Operasi Dukungan Pasukan Khusus (Opsduk Passus), serta Operasi Dukungan Informasi (Opsdukinfo).

“Pertahanan NKRI merupakan tanggung jawab kita semua, oleh karena itu latihan Armada Jaya ini salah satu tujuannya adalah menegakkan dan memperkokoh kedaulatan NKRI” jelas Kasal.

Dikatakan pula bahwa Latihan Armada Jaya ini bertujuan untuk mengukur dan menguji kemampuan Prajurit TNI AL dengan menggunakan seluruh kekuatan Alutsista yang dimiliki sehingga terjalin interoperability.

Untuk itu Kasal mengajak kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan agar melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan kesungguhan, kembangkan inovasi, interoperability agar dapat tercapai secara maksimal serta memperhatikan faktor keamanan.

Panglima Kolinlamil selaku Pangkogasgabratmin memimpin langsung pasukannya pada apel gelar pasukan tersebut dan melaporkan kesiapan personel dan material kepada Kasal. Dihadapan Kasal, para pejabat utama latihan dan para Panglima Komando Tugas Gabungan, personel Kolinlamil menunjukkan semangatnya dengan meneriakan Yel Yel, layaknya Pasukan yang akan menuju ke medan perang. Han

Komentar

News Feed