oleh

Pemkab Lambar Gelar Himpunan Adat, Bupati: Himpun Adat Memiliki Arti Tersendiri

Lampung Barat, Faktapers.id-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan Himpun Adat, dimaksudkan untuk memperkokoh dan melestarian adat dan budaya setempat.

Kegiatan yang terangkai dengan Festival Sekala Bekhak itu berlangsung di Gedung Dalom Paksi Buay Bejalan Diway, Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak, Selasa (9-7-2019).

Tampak hadir pada acara tersebut Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, sejumlah DPRD dan forkopimda, perwakilan empat paksi, yakni Paksi Buay Bejalan Diway, Paksi Buay Pernong, Buay Belunguh dan Buay Nyerupa.

Parosil mengatakan, himpun adat memiliki arti tersendiri bagi Pemkab Lambar. Kepaksian selalu di libatkan dalam pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Kita punya andil yang sama. Pemerintah mempunyai kebijakan pembangunan. Akan tetapi, kita juga memerlukan masukan dari kepaksian yang ada untuk pembangunan ke depan,” terang  Parosil.

Menurut Parosil, keberadaan pemerintah dan kepaksian harus menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya Lambar.

“Majunya Lampung Barat, majunya kita semua, kebersamaan dalam pembangunan untuk menuju Lampung Barat Hebat,” katanya.

Selain itu, Parosil juga memiliki gagasan untuk menjadikan beberapa pekon yang ada di kepaksian menjadi pekon adat. Dimana setiap kepaksian memiliki perwakilan pekon adat. Gagasan itu rencananya akan di susun setelah selesai dari penyelenggaraan festival.

“Saya akan panggil semua untuk perencanaan. Meski dalam pembangunan kita akan lakukan secara bertahap, satu persatu pekon dijadikan pekon adat,” pungkas Bupati. Edi

Komentar

News Feed