oleh

Wabup Buka Manasik Haji Massal, 20 Juli Calhaj Kubar Akan Berangkat ke Tanah Suci

Kutai Barat, faktapers.id – Secara resmi Manasik Massal haji tingkat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, telah dibuka oleh Wakil Bupati Kubar, H. Edyanto Arkan, S.E, Selasa (9/7/19).

Manasik massal itu berlangsung selama 4 hari, yakni 9-12 April 2019, berlangsung di Islamic Center Kubar, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Sendawar,diikuti oleh 97 Calon Jaamah Haji (Calhaj) Kubar 2019.

Bupati Kubar FX Yapan, S.H, dalam pesannya disampaikan Wabup H Edyanto Arkan, agar para calhaj Kubar 2019 mempersiapkan diri sebaik mungkin. Terutama kondisi kesehatan fisik hingga kesiapan hati dan jiwa dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci Mekah.

“Manasik ini sebagai pembelajaran mengenai tatacara pelaksanaan selama jamaah haji di tanah suci,” katanya.

Edyanto Arkan juga membeberkan, tujun utama manasik haji, guna memberikan pembinaan pada seluruh calhaj. Hal itu kata wabup, merupakan implementasi amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi cahaj, sehingga para calhaj dapat mengetahui dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Juga untuk pengetahuan dan pemahaman tentang proses perjalanan ibadah haji,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kubar, HM Isnaini dalam keterangannya kepada wartawan di Sendawar menegaskan, 97 Calhaj Kubar 2019 tersebut keberangkatannya tergabung dalam dua Kelompok Terbang (Kloter).

“Yaitu dalam kloter 4 dan kloter 6. Calhaj Kubar akan berangkat dari Sendawar pada 20 Juli 2019. Mereka akan masuk asrama haji di Balikpapan pada 21 Juli 2019,” ungkapnya.

Isnaini menuturkan, jamaah calhaj Kubar saat keberangkatan dari Kubar hingga ke tanah suci akan didampingi  oleh dua petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

“Keberangkatan 97 calhaj Kubar dari Melak, Sendawar, pada 20 Juli 2019 akan menggunakan kapal motor (KM) angkutan Sungai Mahakam. Selanjutnya dari Kota Samarinda menggunakan bus menuju Kota Balikpapan,” tandasnya. Iyd

Komentar

News Feed