oleh

Kurangi Sampah Rumah Tangga, DLHK Badung Sosialisasikan Bank Sampah Masyarakat

Bali, faktapers.id – Minggu 14 Juli 2019 bertempat di ruang rapat Kantor Desa Carangsari berlangsung acara Sosialisasi Lanjutan mengenai Bank Sampah Masyarakat yang ada di canangkan pemerintah Kabupaten Badung.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang 2 DLHK Kabupaten Badung yakni Ni Putu Sri Yuniarti didamping oleh Gusti Ayu Putu Sri Surasti untuk mensosialisasikan mengenai Bank Sampah didampingi juga oleh Perbekel Carangsari I Nyoman Artawa, Ketua TP PKK Carangsari Ny. Sayang Artawa dan dihadiri oleh PKK Desa Carangsari berserta masyarakat yang memperoleh penghargaan Bank Sampah.

Dalam sambutan dari DLHK yang diwakili oleh Gusti Ayu Putu Sri Surasti yang akrab disapa Bu Gung Biang Kirana ini menyampaikan sosialisasi mengenai sampah yang dapat dijual melalui bank sampah serta daftar harga yang ditentukan oleh Kabupaten.

“Ibuk-ibuk semua harus bisa membedakan sampah Residu dengan Sampah Plastik dimana Sampah Residu dibuang ke TPST dan sampah plastik seperti kantong plastik yang utuh dan bersih dapat dijual ke Bank Sampah,” ujarnya. Dalam rapat terjadi diskusi antara PKK dengan DLHK mengenai kendala-kendala yang dialami dalam program Bank Sampah Masyarakat dan semua dijawab oleh pihak DLHK dengan menyertakan solusi.

Dalam sosialisasi juga dijelaskan Bank Sampah juga menerima Botol Bekas (Kaca), Minyak Jelanta serta kelapa Daksina bekas upacara agama dll, daftar barang yang diterima tersebut dapat dilihat di daftar harga Bank Sampah Masyarakat. Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada Masyarakat yang memngumpulkan sampah terbanyak ke Bank Sampah Masyarakat yakni berupa Dispenser, Mgickom, Kipas Angin.

Seperti diketahui Bank Sampah Masyarakat memiliki mekanisme yang mana Bank Sampah membeli sampah dari masyarakat yangmana sampah sudah dikuasifikasikan sedemikian rupa yang dijelaskan melalu sosialisasi. Pihak DLHK Menyampaikan program Bank Sampah Masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang bersih, selain itu diharpakan masyarakat ikut berpartisipasi dan antusias ikut dalam program ini karena ini merupakan salah satu program yang di canangkan oleh Bapak Bupati Badung. Ans

Komentar

News Feed