Senin, September 20, 2021
BerandaObyek Wisata Cokro Tulung Targetkan 20 Ribu Pengunjung
Array

Obyek Wisata Cokro Tulung Targetkan 20 Ribu Pengunjung

padusan

FAKTAPERS.COM, KLATEN

Tradisi padusan atau membersihkan diri sebelum Ramadan masih menyedot animo masyarakat. Ribuan orang mendatangi objek wisata air di wilayah Klaten menjelang Ramadhan..

Tempat wisata yang menjadi jujukan warga, seperti Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Desa Cokro, Kecamatan Tulung.

Sejak pagi ribuan masyarakat, terutama anak-anak bersama orang tuanya mendatangi sumber alami Umbul Ingas di bagian bawah. Ada juga yang memilih mandi di kolam renang di bagian atas kompleks OMAC. Demi memanjakan pengunjung, pengelola mendatangkan orkes melayu di pelataran parkir bawah.

Sebagian pengunjung hanya datang menikmati suguhan musik dangdut, namun tak sedikit yang bermain air. Sebagai penanda padusan, dilakukan prosesi siraman oleh Bupati Klaten Sunarna bersama istri kepada dua pasang Mbak dan Mas Klaten 2014.

Suharno, salah satu panitia padusan menargetkan 20 ribu pengunjung. ”Kalau kemarin kurang lebih lima ratus orang yang datang. Di hari terakhir ini pengunjung semakin banyak,” papar dia. Banyaknya pengunjung akan menambah pendapatan dari sektor pariwisata di Klaten.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten Joko Wiyono mengatakan, tradisi padusan digelar dua hari. Lantas target pendapatan dari perayaan padusan ditetapkan Rp 57,5 juta. Target tersebut sama dengan target tahun lalu.

”Kami sengaja membuat acara padusan dan siraman tahun ini dengan sedikit berbeda agar dapat lebih menarik. Memang setiap tahun, OMAC selalu dipenuhi pengunjung yang hendak padusan. Tradisi ini menjadi simbol membersihkan diri sebelum Ramadan,”  terangnya. Radar Solo

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments