Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Visi Misi Helmy Yahya Untuk Ogan Ilir
Array

Visi Misi Helmy Yahya Untuk Ogan Ilir

helmy

FAKTAPERS.COM, PALEMBANG

Salah satu entertaiment sekalgus enterpreneur top Helmy Yahya dipastikan akan maju dalam Pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang di Ogan Ilir menyusul telah serahkannya surat keputusan DPP Nasdem.

Usai menerima SK DPP  NasDem, Helmy mengutarakan sedikit visi dan misinya untuk membangun daerah kelahiranya dan sang kakak Tantowi Yahya. Menurut Helmy, Ogan Ilir merupakan kabupaten paling menarik diantara kabupaten lain di Sumsel, jaraknya yang hanya 35 kilo meter dari Kota Palembang bisa menjadikan daerah ini sebagai daerah utama penyanggah kota.

“Jika pengelolaannya tepat Ogan Ilir bisa menjadi Bekasi-nya Sumsel. Dengan jarak yang sangat dekat, mejadi kawasan potensial untuk membangun industri. Apalagi selama ini sudah ada jalur kereta api yang melintas, namun sayang selama ini masih belum tergali oleh pemerintah daerah,” kata Helmy didampingi anak dan istrinya.

Helmy sendiri sudah mengutarakan janjinya kepada ketua Umum NasDem Surya Paloh dan masyarakat Indralaya yang mendukungnya untuk menularkan semua kreativitasnya dibidang enterpreneer. Menurutnya, OI merupakan kawasan potensial untuk membangun industri kuliner dan kerajinan. Di Sumsel ada dua masakan terkenal yang sudah mendunia, ketika orang datang ke Sumsel banyak yang ingin mencoba masakan pindang meranjat dan pindang pegagan. Dua masakan top ini berasal dari Ogan Ilir. “Jika ini digali oleh pemerintah sebetulnya bisa menjadi industru kuliner yang bermanfaat bagi masyarakat Ogan Ilir,” katanya.

Selain di sektor usaha kuliner, potensi lain yang dimiliki masyarakat OI untuk industri kreatif adalah kerajinan songket. Sumsel memang terkenal dengan kerajinan songket, bahkan sudah mendunia. “Namun perlu diketahui jika songket sumsel itu banyak dihasilkan oleh masyarakat Ogan Ilir utamanya di kecamatan Pemulitan dan Tanjung Batu,” terangnya.

Selain merinci pembangunan industri kecil yang berbasis kerajinan oleh masyarakat, Helmy juga mengutarakan niatnya untuk membangun kawasan sentra aliran sungai. Hampir semua kecamatan di Ogan Ilir dihubungkan oleh sungai, seperti Kecamatan Tanjung Raja, Rantau Alai, Indralaya dan Pemulutan semua terhubung oleh jalur sungai ogan.

“Ini juga terabaikan, pemerintah selama ini terlalu mengabaikan sungai. Padahal jika digali sungai bisa menjadi alur perekonomian untuk distribusi barang yang murah. Progam pak Jokowi juga bagai mana memanfaatkan laut untuk alur ekonomi, ide ini kenapa tidak dipraktekkan di kawasan yang lebih kecil seperti kabupaten,” terang dia.

Namun untuk melaksanakan hal ini butuh perjuangan berat dari pemerintah, jika tidak ada niat dan tekat bulan ini sulit terlaksana. Ogan Ilir dengan segala potensinya pasti bisa melakukannya, apalagi menurutnya, di Indralaya ada puluhan profesor yang mengajar di Unsri, ini tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset.

Keberadaan unsri sebagai perguruan tinggi top di Indonesia sering diabaikan, terbukti belum ada profesor disana yang dilibatkan untuk urusan riset pembangunan. “Jika nanti saya terpilih dan mendapat amanah untuk memimpin tanah kelahiran, saya akan membutkikan dan akan membuat sejarah, Ogan Ilir akan menjadi kabupaten termaju di Sumsel,” tutupnya.

Sumber: Radar Palembang

Most Popular

Recent Comments