Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Bupati Buru Gelar Panen Perdana Teknologi Padi Salibu
Array

Bupati Buru Gelar Panen Perdana Teknologi Padi Salibu

ambon 2

FAKTAPERS.COM, Ambon

Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi, SPi,MM bersama rombongan Ketua DPRD Buru Iksan Tinggapy, SH, Unsur Forum Koordinasi dan Sekda Buru,Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian pusat, Kadis Pertanian Provinsi Maluku,Balai Kajian Pertanian dan Bakorluh Maluku, TNI/POLRI, Pimpinan SKPD menggelar panen perdana teknologi padi Salibu berlangsung di Desa Waetele Sabtu 25/7/2015.

Kadis Pertanian Buru Ir. Wara dalam laporan mengatakan,luas lahan baku sawah di Kabupaten Buru sebesar 7.207 Ha dan rata- rata realisasi tanam dan panen pertahun dari 2012- 2014 sebesar 10.000-11.000 Ha pertahun.

Lanjut Wara,Target luas tanam padi sawah oleh tim UPSUS pada musim tanam(MT) Pertama tahun 2015 ini seluas 4.974 Ha, realisasi tanam per tanggal 22 Juli 2015 sebesar 3.874 Ha dan masih ada 1.100 Ha dan penyebab utama belum berfungsi Bendungan Waeleman dan Waepamali.

ambon 3

Bupati Kabupaten Buru, Ramly Ibrahim Umasi, SPi, MM Dalam sambutan mengatakan, Panen kali ini merupakan panen perdana padi teknologi Salibu berlangsung di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru dan sistem budi daya padi Salibu mungkin baru pertama kali dilakukan di Provinsi Maluku, kini teknologi padi Salibu ini sudah sangat berkembang di Provinsi Sumatra Barat dengan rata- rata produksi per musimpanen 5-7 ton.

 

Selain itu juga Lanjut Umasugi, sistim teknologi padi Salibu yang diterapkan di kabupaten ini dalam kurun waktu 2017 dapat meraih kesuksesan dan kesejahteraan bagi petani di daerah ini dan juga biya produksi dapat dikurangi yang dapat mnguntungkan petani itu sendiri”Ungkapnya.

 

Untuk itu Kata Bupati, melalui Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Buru untuk dapat mengolah lahan kering cukup luas yang belum dikelola dengan baik baik untuk tanaman Jagung, Kedelai dan Padi Hotong dan  harapan kami daerah ini dengan komit  menmembanguan kebersamaan.

 

Usai Kegiatan Bupati Buru dan Ketua DPRD telah menyerah kan bantuan 20 Unit Mesin Potong bagi Petani dan memberikan Kado berupa Hend Pone bagi Petani dan Penyuluh Pertanian yang berprestasi.

(Usman Tasidjawa)FP

Most Popular

Recent Comments