Selasa, Juli 27, 2021
BerandaPanen Padi Telah Tiba, Ketahanan Pangan Kabupaten Wonogiri Aman
Array

Panen Padi Telah Tiba, Ketahanan Pangan Kabupaten Wonogiri Aman

panen

FAKTAPERS.COM, Wonogiri

 

Aspek makro guna mencukupi aspek mikro masyarakat Kabupaten Wonogiri memasuki Agustus 2015 berpotensi aman sebab Wonogiri memiliki lahan pertanian dimana sebagian penduduk klajon sumber penghidupanya condong sebagai petani,sebagai mana petani cenderung menanam tanaman padi. Petani padi diDusun Klajon, Desa Klunggen, Kecamatan Sloghoimo, Kabupaten Wonogiri memetik hasilnya. padi berhasil di panen dengan baik setiap petani mampu menghasilkan gabah 1 ton hingga lebih “alllkamdulillah syukur para petani dengan nada sumringah”.
 
Kendati sementara ini hasil panen padi melimpah akan tetapi melihat kondisi alam di Kabupaten Wonogiri pada Agustus 2015 sudah memasuki musim kemarau, sangat berpotensi berfluktuasi lahan pertanian sawah tadah hujan yang dimiliki petani kekeringan ini menjadi petani was-was terhadap ketahanan bahan baku dasar yakni beras guna menyelengarakan pangan untuk menyongsong musim panen yang akan datang. Sebagaimana panen dapat dilakukan jika ada irigasi sawah memenuhi pengairan tanaman mencukupi, dan itu terjadi hanya pada kondisi musin penghujan,
 
Lebih lanjut petani berharap perilaku produksi yang sangat dipengaruhi iklim tersebut jelas dong mempengaruhi ketersediaan pangan .  Maka perilaku produksi yang rentan terhadap perubahan iklim tersebut jika tidak dilengkapi dengan kebijakan pangan yang tangguh maka akan sangat merugikan, baik untuk produsen maupun konsumen, khususnya produsen berskala produksi kecil dan konsumen berpendapatan rendah. Karakteristik komoditi pangan yang mudah rusak, lahan produksi petani yang terbatas, sarana dan prasarana pendukung pertanian yang kurang memadai dan lemahnya penanganan panen. 
 
Maka  Pola pangan Dusun Klajon, Desa klunggen, Kecamatan Sloghoimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tenggah diharapankan merupakan suatu metode yang digunakan untuk menilai jumlah dan komposisi atau ketersediaan pangan akan datang. pangan harapan biasanya digunakan untuk perencanaan konsumsi, kebutuhan dan penyediaan pangan wilayah. Dalam menentukan PPH.
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments