Kamis, Mei 13, 2021
Beranda17 Agustus : 1.488 Narapidana Provinsi Aceh Diusulkan Dapat Remisi, 50 Orang...
Array

17 Agustus : 1.488 Narapidana Provinsi Aceh Diusulkan Dapat Remisi, 50 Orang Dipastikan Bebas

fathlurahman

FAKTAPERS.COM, Banda Aceh.

Sebanyak 1.488 Narapidana di Provinsi Aceh akan mendapat Remisi (Pengurangan Masa Tahanan) saat Peringatan 17 Agustus yang akan tiba Senin (17/08) besok. Selain itu, ada 50 Narapidana lainnya dipastikan akan bebas dengan Remisi Tahap II. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Fathlurachman SH  (Foto-Red), Kamis (13/08) kepada wartawan usai kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di kantor setempat.

“Yang sudah kita usulkan ada sebanyak 1.488 napi untuk mendapatkan remisi umum I atau remisi dasawarsa. Tapi jumlah tersebut belum tentu dikabulkan semua. Intinya kita sudah mengusulkan dan saat ini kita masih menunggu keputusan dari pusat,” kata Fathlurachman seperti dikutip serambinews.com.

Selain 1.488 yang akan mendapatkan remisi I, Kanwil Kemenkumham Aceh juga mengusulkan sebanyak 50 napi yang akan mendapatkan remisi II (bebas pada tanggal 17 Agustus 2015). “Berkasnya sudah siap kita kerjakan semua. Dalam jumlah itu termasuk narapidana beberapa kasus dan semua kalangan, baik perempuan, laki-laki, dan anak-anak,” sebut Fathlurachman.

Dikatakan, remisi minimal yang diberikan kepada napi berkisar 1 bulan saat tanggal 17 Agustus, seraya menambahkan untuk hasilnya akan diumumkan oleh Kemenkumham Pusat. Seperti diketahui, syarat warga binaan mendapat remisi, yang paling utama dinilai berdasarkan kelakuan baik napi itu sendiri, “Selain itu, syarat lainnya adalah sudah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan. Usulan tetap dari kita, tapi yang memutuskannya itu dari pusat nanti. Semua warga binaan berhak mendapatkannya asalkan sesuai dengan syarat utama itu tadi,” terang Fathlurachman.

(Mukhlis-FP)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments