Minggu, Juli 25, 2021
BerandaBenarkah Kini Boko Haram Punya Pemimpin Baru
Array

Benarkah Kini Boko Haram Punya Pemimpin Baru

boko haram

FAKTAPERS.COM, Nigeria.

Presiden Chad, Idriss Deby, menyatakan bahwa Abubakar Shekau, pemimpin kelompok militan Boko Haram yang telah menculik lebih dari 200 pelajar wanita tahun lalu, digulingkan dari kekuasaannya, pada awal pekan ini. Dilaporkan The Telegraph, Shekau, yang mendapat sorotan dunia setelah muncul di dalam video dan mengancam akan menjual wanita sebagai budak, digantikan oleh salah satu wakil pemimpin Boko Haram yang dilaporkan terbuka dengan pembicaraan damai.

Deby dan pasukannya telah memerangi Boko Haram di wilayah perbatasan Nigeria. Deby menegaskan kondisi Boko Haram kini sudah lemah dan kelompok militan ini akan bubar “pada akhir tahun”, Terdapat seseorang bernama Mahamat Daoud yang dilaporkan telah menggantikan Abubakar Shekau dan ia ingin bernegosiasi dengan pemerintahan Nigeria. Namun saya menyarakan untuk tidak bernegosiasi dengan teroris,” kata Deby, Selasa (14/8).

Seperti dilansir CNN indonesia.com, kepastian terhadap dari mana sumber informasi itu belum jelas, namun rumor sudah menyebar dalam beberapa bulan terakhir bahwa Shekau sudah melarikan diri dari Nigeria karena peningkatan operasi militer dari Nigeria dan Chad dalam menggempur markas Boko Haram.
Belum jelas juga apakah nama Mahamat Daoud yang disebut-sebut sebagai pemimpin Boko Haram saat ini, merupakan nama asli atau nama samaran.

“Saya belum pernah mendengar nama Mahamat Daoud,” kata Jonathan Hill, pakar yang memonitor pergerakan Boko Haram, dari Departemen Pertahanan Universitas King, di London, “Namun, terdapat beberapa tokoh yang mengaku sebagai perwakilan faksi berbeda di dalam Boko Haram, dan kejujuran mereka masih harus dipertanyakan,” kata Hill menambahkan.
Di ambang kekalahan?

Sejumlah laporan media setempat menyatakan Boko Haram mengalami kekalahan di markasnya yang terletak di timur laut Nigeria. Meski demikian, Klaim Deby bahwa Boko Haram sedang diambang kekalahan masih dipertanyakan.Dia tidak menyebutkan apa yang terjadi terhadap Abubakar Shekau, tetapi dia mengatakan Mahamat Daoud telah menggantikannya.Daoud belum pernah diketahui keberadaannya sebelumnya.

Shekau tidak muncul dalam video terbaru kelompok itu sehingga muncul kabar dia telah dibunuh.Deby, yang pasukannya terlibat dalam perang melawan Boko Haram, mengatakan Daoud bersedia melakukan perundingan. Wartawan BBC di Nigeria, Will Ross, melaporkan pada tahun lalu, pemimpin Chad dilaporkan menjadi penengah perundingan damai dengan Boko Haram.

(clisna FP)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments