Kamis, Juli 29, 2021
BerandaCalon Bupati Buru Selatan Hakim Fatsey Ingin Menuntaskan Ketertinggalan Infrastruktur Buru Selatan
Array

Calon Bupati Buru Selatan Hakim Fatsey Ingin Menuntaskan Ketertinggalan Infrastruktur Buru Selatan

calon bupati buru hakim fatsey

FAKTAPERS.COM, Buru.

Jelang perayaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Buru Selatan(Bursel) yang akan berlangsung pada bulan Desember 2015, Forum Masyarakat Buru Selatan (Bursel) yang menetap di Kabupaten Buru kembali pulang ke Buru Selatan demi mengawal dan mengsukseskan Pemilukada Bursel yang bersih, jujur, dan adil.

Selain itu juga Forum ini berharap agar pemilukada nanti, tidak ada oknum- oknum yang sengaja menciptakan isu-isu yang tidak sehat dengan tujuan memecah belah masyarakat yang menempati Enam kecamatan di Bursel. “Lembaga Kami akan mengawal hingga usai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah”, demikian dikatakan salah satu tokoh Forum Masyarakat Bursel.

Pelaksanaan malam baku dapa berlangsung di Lapangan Pattimura Namlea, Ibukota Kabupaten Buru Sabtu Malam 22 Agustus 2015 menghadirkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bursel Hakim Fatsey- Antonius Lesnussa bersama ribuan warga Bursel di Enam kecamatan yang mendiami Kabupaten Buru.

hakim fatsey calon kepala daerah buru selatan

Hakim fatsey bakal calon Bupati Bursel, saat melakukan orasi di atas panggung mengatakan,Kabupaten Buru utara dan Buru Selatan merupakan  Kayway yaitu orang Basudara yang perlu dilestarikan,dijaga dan dipelihara atas wasiat peninggalan leluhur terdahulu.

Selain itu juga lanjut Fatsey, pemekaran Bursel tujuh tahun yang lalu atas dasar UU yang telah memenuhi kriteria yaitu, punya wilayah, masyarakat, SDM, dan SDA, sehingga layak dimekarkan. Oleh sebab itu, Fatsey mengajak masyarakat Bursel menyatukan langkah dan merapatkan barisan serta membangun kebersamaan demi kepentingan dan kemaslahatan orang banyak. Hal ini harus dilakukan demi menuntaskan ketertinggalan infrastruktur Bursel yang selama ini diidamkan bersama.

Bakal Calon Bupati Bursel tersebut melanjutkan, pemekaran sebuah kabupaten tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat, bukan menyusahkan masyarakat. Kata Fatsey jika dirinya terpilih sebagai Bupati maka masyarakat Bursel punya hak yang sama dalam bingkai NKRI.

Dirinya mengakui, ketika mencalonkan diri mengikuti bursa pencalonan Pilkada Bursel, banyak isu yang simpang siur memberitakan tentang dirinya akan terganjal dalam proses hukum. Namun, Fatsey bersyukur semuanya itu telah terlewati.

” Oleh sebab itu saya dan pak Anton berharap dari Kayway yang artinya Orang Basudara  yang ada di Bursel  dapat mendukung Kami dalam Pemilukada Bursel nanti” Fatsey meminta restu.

Sementara itu, bakal Calon Wakil Bupati Bursel, Anton Lesnussa mengatakan, Thema Malam Baku Dapat Warga Bursel panggil pulang yang mendiami Kabupaten Buru, menjadi sebuah dorongan atau motivasi untuk saatnya bersama membangun daerah Bursel, karena Bursel sudah Tujuh tahun dimekarkan, banyak masyarakat disana mengeluh dan anak daerah hanya menjadi penonton yang manis di Negeri sendiri.

“Untuk itu Saya dengan Pak Fatsey berjanji jika kami berdua tepilih menjadi kepala daerah di Bursel, maka masyarakat mempunyai hak yang sama dengan yg lainnya. Tiada dibeda-bedakan antara si kaya dan si miskin” Kata Bakal Calon Wakil Bupati Bursel.

Sementara Informasi yang dihimpun Wartawan Minggu 23 Agustus 2015, terkait kunjungan Fatsey dan Anton Lesnussa di Kecamatan Waesama. Dimana ribuan masyarakat adat yang berdiam di pegunungan maupun masyarakat pesisir di Desa Waemase, Waelikut dan Desa Wamsisi Ibukota Kecamatan Waesama menjemput Hakim Fatsey- Anton Lesnussa (Hikmat) dan disambut dengan tarian adat cakalele, tarian sawat  dan selanjutnya bermalam di Desa Waelikut. Selanjutnya Senin 24 Agustus 2015 pasangan calon kepala daerah tersebut akan mengikuti prosesi penetapan pasangan calon Pilkada di KPUD Bursel.

(Usman Tasidjawa) FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments