Senin, Agustus 2, 2021
BerandaJualan Sepi, Pedagang Pasar Tradisional Klimpungan
Array

Jualan Sepi, Pedagang Pasar Tradisional Klimpungan

Katiyo

FAKTAPERS.COM, Jakarta.

Harga kebutuhan sayur mayur cenderung bertahan tinggi, sejumlah pedagang di pasar tradisional di wilayah Cengkareng Jakarta Barat klimpungan. Mereka mengaku,sejak harga dagangan naik, pembeli di pasar Cengkareng jadi lesu akibatnya pendapatan pedagang berkurang. Menyikapi kenaikan harga kebutuhan pokok maka para pedagang langsung serta merta menaikkan harga dagangan yang di jual.
Katiyo, pedagang sayur menjelaskan, pedagang sayuran di Pasar Cengkareng, mengaku dalam seminggu ini hasil penjualan menurun akibat imbas dari sepinya pembeli. “Sudah seminggu lebih ini, pembeli yang datang berkurang, secara nalar dagangnya juga ikut sepi,” kata Katiyo, Minggu (6/9).

Kondisi serupa juga dirasakan oleh pedagang ikan (Rita) di Pasar kebayoran. Dia mengeluhkan kondisi pasar yang sepi dari pembeli sebagai dampak dari daya beli masyarakat yang merosot. “Kami juga bingung, karena dagang ikut sepi. Sementara kebutuhan rumah tangga kan tidak boleh di ingkari,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan faktapers.com di Pasar Cengkareng, lonjakan harga kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Cengkareng ini dikarenakan inflasi, sebab nilai tukar rupiah terhadap dolar masih anjlok yang mengakibatkan harga kebutuhan pokok tetap tinggi. Merosotnya nilai mata uang terhadap mata uang asing jelas berimbas harga barang terutama barang impor relatif lebih mahal.

“Nah, harga gula pasir Rp. 13 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp. 11 ribu per kilogram, daging ayam broiler Rp. 45 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp. 75 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp. 45 ribu per kilogram, cabai merah biasa Rp. 40 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp. 50 ribu per kilogram, bawang putih Rp. 22 ribu per kilogram. Sedangkan harga jengkol turun dari Rp 100 ribu per kilogram menjadi Rp. 50 ribu per kilogram.

(Sukar)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments