Kamis, Mei 13, 2021
BerandaPeduli Kabut Asap, Wartawan Bagi 4000 Masker Gratis
Array

Peduli Kabut Asap, Wartawan Bagi 4000 Masker Gratis

clis
Seorang jurnalis Lhokseumawe, sedang memasangkan masker kepada salah seorang ibu, di Kota Lhokseumawe, Minggu (20/09) dalam kegiatan aksi sosial wartawan peduli kabut asap di Lhokseumawe (Foto Mukhlis Amin)

FAKTAPERS.COM, Lhokseumawe.

Bencana kabut asap yang kini telah menyelimuti sejumlah Kabupaten di Propinsi Aceh mengundang aksi simpati dan dan keprihatinan sejumlah pihak, termasuk  Jurnalis yang bertugas di wilayah Lhokseumawe.

Ratusan kuli tinta yang tergabung wartawan peduli kabut asap ini,  menggelar aksi simpati, Minggu (20/09)  dengan  membagikan sekitar 4000 masker secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas di pusat kota Lhokseumawe.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 wib dilakukan disimpang Bundaran Tugu BPD  Lhokseumawe ini, juga melibatkan TNI dari Kodim 0103 Aceh Utara, dan Duta wisata Kota Lhokseumawe dan Pramuka.

Para Jurnalis  Media Cetak, Elektronik, serta jurnalis Media Online di Lhokseumawe ini, menilai, aksi ini sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat, akibat bencana kabut asap tebal yang sejak beberapa hari lalu menyelimuti kota Lhokseumawe.

Dari pengamatan faktapers.com dilapangan, masker yang telah disiapkan langsung dibagikan kepada para pengguna sepeda motor, terutama kaum ibu, anak-anak yang melintas di jalan protokol menuju pusat Kota Lhokseumawe.

Koordinator aksi menyebutkan, kegiatan spontanitas ini, sebagai wujud kepedulian wartawan terhadap masyarakat, akibat terjadinya bencana kabut asap di Pekan Baru dan Jambi, dan kini telah merambah Kota Lhokseumawe dan sejumlah kabupaten lain di Provinsi Aceh” Ini sebagai bentuk sosialisasi dan membantu informasi kepada masyarakat, terutama agar menggunakan masker, karena kabut asap saat ini bisa menyerang saluran pernafasan, dan rentan dengan penyakit lain”, Ungkap Rahmad.

Sebelumnya, kegiatan bagi masker gratis juga telah dilakukan Walikota Lhokseumawe, dengan membagikan 2000 masker gratis kepada pengguna sepeda motor di Lhokseumawe sebagai kepedulian terhadap bencana kabut asap yang kini telah merambah Lhokseumawe sejak beberapa hari lalu.Informasi yang dihimpun posindependen.com, Kabut asap tersebut diperkirakan akan terus pekat dari waktu-ke waktu karena pengaruh arah angin.

Badan Meteorologi dan Klimatologi Aceh serta BPBD Propinsi Aceh juga telah mengeluarkan himbauan, agar kepada masyarakat jika bepergian dengan sepeda motor untuk menggunakan masker, sebagai salah satu cara untuk menghindari terserang penyakit ispa. Selain itu, para pengguna jalan raya juga diminta untuk berhati-hati dalam memacu kendaraan mereka, akibat jarak pandang yang terus berkurang karena kabut asap tersebut.

(Mukhlis Amin)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments