oleh

Taman Laut Salubu Mendominasi Taman Laut Monaken

b2FAKTAPERS.COM, Kabupaten Buru

Taman Laut Salubu yang berada di pesisir pantai Desa Waprea Petuanan Tagalisa, Kecamatan Waplau Kabupaten Buru lebih mendominasi Taman Laut Monaken yang berada di perairan Manado Sulawesi Utara.

Pasalnya, Taman laut Monaken minimnya Biota laut dan minimnya terumbu karang, sementara pesisir Pantai Salubu hingga pesisir Tanjung Talabi Desa Hatawano Petuanan Tagalisa, kaya penuh dengan Biota laut maupun kaya dengan Terumbu Karang dan lautnya sangat indah, walaupun jarak pesisr pantai itu lebih pendek dari pada taman laut Monaken.

Demikian dikatakan, ahli perenang Infokom dan Pariwisata, Mr. Thomas Gerle asal Eastern Germany Menurutnya, Walaupun pantai Salubu sepanjang pantai Tanjung Talabi itu sangat pendek, namun keindahan kualitas pantai maupun Biota laut dan Terumbu karang sangat bagus” Kata Mr. Thomas yang mendiami Kota Leiptig Germany.

Lelaki asal Jerman yang didampingi Imran Pelu, SS Guru SMP Negeri Waepoti Menjelaskan, Perairan yang ada di Maluku ini, yang paling bagus adalah Perairan pantai Salubu yang ada di Desa Waprea, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, karena taman laut penuh dengan Biota Laut, Terumbu Karang dan air lautnya jernih dan indah.” Ujar Mr. Thomas.

b1

Di pantai Monaken kata Mr. Thomas, disana Monaken untuk satu hari menginap di hotel yang sudah ada didekat pantai rata- rata per hari 150 ribu rupiah termasuk menikmati keindahan laut, renang, sedangkan bila miliki sampan, perahu, peralatan renang itu harus disewa / bayar, oleh karena itu diharapkan kepada Pemerintah Provinsi. Daerah untuk dapat mengkaji kembali pantai Salubu” Harap Mr. Thomas.

b3

Untuk itu Pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Infokom Kabupaten Buru dapat melirik potensi yang belum digarap dengan baik, hal ini tentunya dapat meningkatkan PAD daerah dimasa akan datang”Ajak Mr. Thomas.

(Usaman Tasidjawa) FP  

Komentar

News Feed