Kamis, Mei 13, 2021
BerandaUniversitas Iqra Buru Wisuda 228 Sarjana Dari 8 Fakultas
Array

Universitas Iqra Buru Wisuda 228 Sarjana Dari 8 Fakultas

buru 1

FAKTAPERS.COM, Namlea.

Sebanyak 228 Orang mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu) dari Delapan fakultas dibawah naungan Yayasan Muslim Buru mengikuti wisuda Sarjana Thalabat angkatan IX yang berlangsung di Gedung Rektotar Selasa 8 September 2015, kegitan rapat senat terbuka luar biasa dirangkaikan dengan Milad Ke 13. Akhirnya 8 Fakultas dan 17 program studi dintaranya Fakultas Agama Islam, Ekonomi, Hukum, Pertanian dan Kehutanan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknik, Sastra dan FKIP dan status akreditasi sudah diakui oleh Badan Akreditasi Indonesia yang dilandasi dengan fasilitas di kampus ini dinyatakan sudah sudah memadai.

buru 2

Rektor Uniqbu, Dr. Ir. Ishak Tan, MSi saat membuka Milad Ke 13 mengatakan, berdirinya universitas ini atas kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Buru dengan Rektorat UMI Makasar pada tanggal 4 November tahun 2000 dengan nama saat itu, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar dengan terbentuk tim b5 yang dipimpin Hi AR Tukuboya, SE. Akhirnya pada tanggal 31 Juli 2002 terbentuk Yayasan Muslim Buru dan berubah nama menjadi Uniqbu dibawah naungan Yayasan Muslim Buru dengan diterbitkannya izin opersional oleh Dirjen Diktiatas Dasar, Surat Keputusan Mendiknas nomo 154/D/O/2003 tanggal 5 September tentang pemberian izin penyelenggaraan program- program studi.

buru 3

Tujuan dari Visi dan Misi Uniqbu kata rektor, menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesionalisme serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengatahuan serta mampu mengimplementasikan  ilmu dalam upaya memperkaya kebudayaan dan peningkatan tarap hidup masyarakat, selanjutnya Uniqbu untuk tahun 2015 ini telah menyelenggarakan wisuda dua kali, satu tahun yaitu: wisuda pertama pada bulan September sedangkan Bulan Desember akan diadakan wisuda kedua” Kata Tan .

Sementara itu Ketua Yayasan Muslim Buru Hi AR Tukuboya, SE Mengatakan, 228 sarjana yang baru wisuda diharapkan disiplin ilmu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan baik, baik itu diinstansi pemerintah,  suasta maupun dapat membuka lapangan kerja dalam pengembangan SDM yang cerdas dan kompetitif serta membentuk insan yang berilmu, beramal ilmiah dan integritas demi kemaslahatan orang banyak.

Wakil koordinator kopertais wilayah VIII meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua, Prof. Abdurahman Yunus, MA mengatakan, kampus ini merupakan tempat menimba ilmu dan sudah saatnya Uniqbu dapat berkompetensi dengan perguruan suasta lain di Indonesia, dimana akreditas yang dimiliki kampus ini dapat dipertahangkan bahkan ditingkatkan menjadi nilai B hingga nilai A, hal ini merupakan usaha dan nilai juang para dosen untuk mencerdaskan, spiritual dan emosional yang diterapkan kepada Mahasiswa sehingga nantinya dapat mempertahankan akreditasi, karena daerah ini masih menyimpan potensi berlimpah ruang seperti Tambang Emas, Pertanian, Perikanan dan lain-lain yang perlu dikelola dengan baik.

buru 4

Kopertis wilayah XII, Drs. Zainudin Notanubun dalam sambutan mengatakan, wisuda kali ini diharpkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, karena kampus ini sudah resmi terakreditasi dan miliki ijin operasional dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas jenjang pendidikan kedepan, olehnya itu majunya sebuah kampus itu perlu ada dukungan dari mahasiswa, Pemda Kabupaten, Provinsi dan Pempus untuk sama- sama dapat membantu mahasiswa yang berprestasi(Beasiswa), olehnya ada batuan 6 miliar rupiah tahun ini diperuntuhkan kepada  16 Perguruan Tinggi suasta termasuk Uniqbu, sehingga para dosen yang mengabdi di kampus ini  dapat mengikuti penelitian demi meningkatkan akreditas yang lebih tinggi.

(Usman Tasidjawa)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments