Jumat, Mei 14, 2021
BerandaBPS Palas Sosialisasikan Sensus Ekonomi 2016
Array

BPS Palas Sosialisasikan Sensus Ekonomi 2016

Plt BPS Kab Palas saat sosialisasi

FAKTAPERS.COM, Padang Lawas.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Palas, Rabu (29/11) melaksanakan sosialisasi sensus ekonomi (SE) 2016. Bertempat di Aula Kantor Bupati Palas. Bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Palas.

Pantauan Fakta Pers dilokasi kegiatan ini, setidaknya sebanyak 80-an peserta dari unsur jajaran SKPD Pemkab Palas, kalangan dunia usaha, perwakilan lembaga perbankan dan masyarakat, mengikuti kegiatan ini. Tampak hadir juga di acara itu, Plt. Sekdakab Palas Syamsul Anwar Lubis, SE.

Plt BPS Kabupaten Palas Drs. Whenlis, M. Si dalam penyampaian Materi mengatakan, “SE diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali dan pertama kali dilakukan pada tahun 1986 silam. SE 2016, merupakan sensus yang ke-4 dan adapun sektor yang didata ada sebanyak 19 sektor yakni, pertambangan, penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin, pengadaan air, pengolahan air limbah, pengelolaan dan daur ulang sampah, aktifitas remediasi, dan kontruksi.

Perdagangan besar dan eceran, reparasi, perawatan mobil dan sepeda motor, pengangkutan dan pergudangan, penyedia akomodasi dan penyediaan makan minum, Informasi dan Komunikasi, aktifitas keuangan dan Asuransi, real estat, aktifitas profesional, ilmiah dan Technis, aktifitas penyewaan dan sewa guna usaha, pendidikan,  aktifitas kesehatan manusia dan aktifitas sosial, kesenian, hiburan dan rekreasi, aktifitas rumah tangga yang mempekerjakan pekerja domestik, aktifitas pelayanan lainnya, aktifitas badan internasional. Dengan sasaran respondennya terdiri empat unit, yakni, perusahaan, pemerintah, rumah tangga dan lembaga non profit”.terang Whenlis.

Lanjut Whenlis, “Pemetaan potensi (level) ekonomi wilayah menurut industri dan pelaku usaha, standar acuan indikator ekonomi (PDB, PDRB, ketenagakerjaan dan lain-lain), pembangunan dan pemutakhiran basis data terpadu, karakteristik usaha menurut skala usaha, UMK, UMB sehingga diharapkan pelaku usaha, pemerintah, peneliti ataupun akademis dan masyarkat memperoleh manfaat dari SE ini. Juga karakteristik usaha menurut unit, franchise, online bisnis dan lain-lain. Pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah dan prospek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia,” katanya.

Whenlis mengharapkan kiranya kegiatan SE 2016 ini didukung oleh semua pihak dan tidak perlu dikhawatirkan karena kegiatan ini tidak dikenakan biaya apapun. “Sosialisasi untuk SE ini sudah kami mulai dari sekarang, namun untuk pendataan dilakukan pada tanggal 1 mei 2016 mendatang. Sehingga, Elemen masyarakat maupun pelaku usaha tidak heran dan jangan terkejut saat petugas BPS Palas datang untuk melakukan pendataan di setiap rumah warga di Kabupaten Palas”, jelasnya lagi.

(Robert Nainggolan)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments