Kamis, Mei 13, 2021
BerandaCegah Banjir, Sekel Kelurahan Kamal dan Satpol PP Lakukan Penertiban Bangunan Liar
Array

Cegah Banjir, Sekel Kelurahan Kamal dan Satpol PP Lakukan Penertiban Bangunan Liar

CYMERA_20151125_135915

FAKTAPERS.COM, Jakarta.

Untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan, Sekretaris Kelurahan (Sekel) Kamal Mu’min dibantu 70 orang petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan 30 petugas PPSU Kelurahan Kamal melakukan penertiban bangunan liar di atas saluran air di sekitar kawasan Rw. 01, Rt. 11, dan Rt. 05, Kelurahan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, pada Rabu (25/11).

Sekel Mu’min mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Rabu bersih, dan dilakukan dari tingkat kelurahan sampai kecamatan. Guna mencegah terjadinya banjir di musim penghujan, maka dilakukanlah penertiban bangunan liar tersebut.

P_20151125_094715

Berdasarkan pantauan wartawan faktapers di lapangan, banyak sekali bangunan liar di atas air di Kelurahan Kamal dibongkar paksa oleh aparat petugas. Menurut penjelasan Mu’min, sebelumnya sudah diberikan surat teguran resmi hingga tiga kali kepada pemilik bangunan liar tersebut untuk membongkar sendiri bangunan liarnya. Kendati demikian, surat teguran tersebut tidak dihiraukan oleh pemilik bangunan liar, sehingga terpaksa aparat petugas harus membongkar paksa bangunan liar tersebut sesuai arahan gubernur dan perda 8 tahun 2007.

Dia juga berharap masyarakat meningkatkan kesadarannya untuk tidak membangun bangunan liar di atas saluran air dan di tempat-tempat yang mengganggu ketertiban umum.

Koordinator Lapangan Satpol PP Aswad, memaparkan bahwa penertiban dimulai di kawasan Rt. 11, dimana ditemukan 8 bangunan liar yang kemudian dibongkar petugas. Setelah itu pindah ke Rt. 05, petugas mendapati 5 bangunan liar yang harus dibongkar.

Aswad berharap untuk kedepannya masyarakat tidak mendirikan bangunan liar di atas saluran air lagi. Jika masih saja bersikeras membangun lagi, maka terpaksa petugas pun akan kembali membongkar paksa.

(Guntur / Maikhel)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments