Rabu, April 14, 2021
BerandaKasus Tewasnya Ii Widayat di Kawasan PT Dinamika Pan Asia Masih Misteri
Array

Kasus Tewasnya Ii Widayat di Kawasan PT Dinamika Pan Asia Masih Misteri

korban edit
Foto : Ii Widayat alias Uti Wahyu Hidayat (23) tewas di area pabrik PT Dinamika Pan Asia pada 14 Oktober 2015

FAKTAPERS.COM, Banten.

Misteri tewasnya Ii Widayat alias Uti Wahyu Hidayat (23) pada 14 Oktober 2015 masih menjadi tanda tanya besar bagi keluarga yang ditinggalkan maupun sebagian masyarakat sekitar. Kematian warga Kp. Pasir Jaya, RT. 03/04, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang yang tidak wajar serta minimnya informasi dari pihak Kepolisian dan pihak PT Dinamika Pan Asia yang berlokasi tidak jauh dari tempat tinggal korban menjadikan banyak opini dimasyarakat, terlebih para tetangga dan kerabat korban.

Menurut keterangan dari Wahyu (ayah korban) kepada wartawan, pukul 11.40 WIB pada hari Rabu ditanggal tersebut dirinya menerima kabar dari Kepolisian Sektor Jatiuwung bahwa anaknya telah meninggal dunia di RSUD Kota Tangerang. Dari informasi yang disampaikan oleh anggota Polsek Jatiuwung bahwa Ii Widayat meninggal karena terjatuh dari torn air di PT Dinamika Pan Asia.

IMG_20151123_144141
Y. Wahyu (Ayah Korban)

Mendengar informasi tersebut Wahyu langsung mendatangi Polsek Jatiuwung untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dari pihak Kepolisian dengan perasaan cemas. Tetapi sesampai dikantor polisi ayah korban mengaku justru disodori beberapa surat yang harus ditanda tangani. “Sampai di Polsek saya disuruh tanda tangan sekitar enam lembar mas, tapi saya kurang memahami surat itu. Yang saya ingat itu ada tiga, Surat Pengambilan Mayat, Surat Tidak Menuntut, dan Surat Menyatakan Damai. Yang lain-lain saya kurang paham.” Ungkap Wahyu (23/11).

Wahyu juga menjelaskan bahwa pada saat dirinya sampai dirumah sakit melihat anak laki-lakinya sudah terbujur kaku dengan tubuh banyak luka bekas benturan benda tumpul. “Ada yang aneh mas luka-luka anak saya ini, kalau jatuh dari torn air kenapa banyak luka seperti habis digebukin”, lanjut Wahyu.

Karena panik dan diwarnai perasaan penuh duka akhirnya Wahyu menolak untuk dilakukan otopsi terhadap jenazah Ii. Dengan pertimbangan biaya akhirnya dia membawa anaknya pulang dan melakukan pemakaman di hari yang sama.

Duka mendalam menyelimuti keluarga besar korban di hari tersebut, terlebih lagi Yuli Ismawati (23) istri korban yang saat ini mengandung 5 bulan anak kedua dengan almarhum suaminya yang kini telah meninggalkannya. Dirinya terus meratapi kepergian suaminya, apalagi setiap saat anak pertamanya M. Kafka Alfauzi (4) menanyakan ayahnya.

Keluarga Ii Widayat hanya dapat berharap mendapatkan keadilan dari penegak hukum. Menurut pengakuan Wahyu, pihaknya merasa kematian anaknya itu tidak wajar. Dikarenakan sampai saat ini tidak ada keterangan yang dapat meyakinkan dirinya dan keluarganya tentang kronologis tewasnya Ii, yang lebih membuat keluarganya terpukul adalah pernyataan dari pihak PT Dinamika Pan Asia yang menyebutkan bahwa Ii tewas akibat kecelakaan karena hendak mencuri di pabrik tersebut.

Wahyu juga mengaku bahwa pernah mengunakan jasa pengacara Sutrisna, SH & Partner dan mengeluarkan biaya 12 juta rupiah, namun hasilnya juga nihil. Justru hal itu menjadikan permasalahan baru buat keluarga korban karena uang itu hasil pinjaman di bank.

IMG_20151123_143633
PT Dinamika Pan Asia

Senin 23/11/2015 wartawan mencoba mencari informasi dengan mendatangi PT Dinamika Pan Asia. Namun hanya sampai di pos satpam dan tidak di perbolehkan masuk ke kantor perusahaan yang diduga keras banyak melakukan pelanggaran dengan perijinan dan ketenaga kerjaan tersebut. “Maaf mas, Pak Nana Supriyatna (HRD) tidak mau bertemu dan mengijinkan untuk memasuki kantor”. Kata satpam wanita.

Ditempat terpisah tim wartawan mendatangi Polsek Jatiuwung guna meminta keterangan, namun Kapolsek Kompol Dermawan Karosekali tidak berada ditempat, oleh Wakpolsek AKP Gunawan kami diarahkan kepada penyidik yang menangani kasus tersebut. Dari keterangan Panit Prapto menjelaskan bahwa kematian Ii Widayat adalah murni kecelakaan yang korban pada saat itu melakukan aksi pencurian.

IMG_20151123_153134
Polsek Jatiuwung, Tangerang, Banten

Merasa tidak mendapatkan keadilan, pihak keluarga dan terutama istri korban akan melaporkan kasus ini ke pihak Polres atau ke Polda Metro Jaya untuk berharap mengusut tuntas kasus kematian Ii Widayat. Untuk PT Dinamika Pan Asia, keluarga korban juga menghimbau kepada Disnaker dan pihak-pihak terkait untuk memeriksa keberadaan dan aktifitas perusahaan yang menurut dugaan masyarakat sekitar adalah perusahaan asing yang tidak memiliki perijinan yang lengkap.

(Guntur / Tim Red)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments