oleh

Telaga Terjun Asri, Pesona Alam yang Terabaikan

-Daerah-398 views
20151104_145136
Telaga Terjun Asri di Dusun Pulka, Desa Naman Jahe, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang kini kondisinya memprihatinkan dan perlu perhatian dari pemerintah.

FAKTAPERS.COM, Sumatera Utara.

Keindahan alam Indonesia memang sudah diakui dunia internasional, banyak sekali obyek panorama terpendam dinegeri yang memiliki ribuan pulau dan ratusan gunung diseluruh nusantara. Namun tidak sedikit pula keindahan alam yang tidak terawat dan dirusak oleh tangan-tangan jahil dan yang tidak bertanggung jawab, sehingga nilai keindahan itu kini sirna karena ulah manusia itu sendiri.

Seperti yang terjadi dengan Telaga Terjun Asri, Telaga yang terbentuk pada tahun 1981 dan terletak di Dusun Pulka, Desa Naman Jahe, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara itu kini kondisinya sangat memprihatinkan. Konon telaga yang memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya itu, jauh berbeda dengan kondisi yang ada sekarang ini dan tidak sesuai lagi dengan namanya yang ‘Asri’.

20151104_144750
Foto: Fredrickus faktapers.com Sumatera Utara

Menurut keterangan warga sekitar, konon air telaga begitu jernih dan bebas pencemaran, udara yang sejuk, dan dengan suasana yang masih sangat alami. Berbeda dengan kondisi saat ini, air yang keruh dan banyaknya sampah tumbuhan kering memenuhi sudut-sudut danau dan terlihat terbengkalai dan tidak terurus.

Ditambah dengan buruknya infrastruktur akses jalan ke arah Telaga Terjun Asri semakin memperparah kondisi wisata alam yang dulunya sempat di jadikan sebagai salah satu sumber pemasukan warga sekitar tersebut. Untuk itu masyarakat sangat mengharapkan perhatian pemerintah dan pihak setempat, baik Pemerintah Daerah (Pemda) maupun Pemerintah Provinsi (pemprov) untuk dapat menyalurkan dana pembangunan desa agar dapat mengembalikan warisan leluhur berupa kekayaan alam yang pernah menjadi idola di daerah tersebut.

Terlepas dari penanganan pemerintah, warga sekitar obyek wisata alam agar dapat bersama-sama menjaga habitat dan keasrian Telaga Terjun Asri dengan menjadikan kekayaan yang terpendam di daerah mereka untuk melestarikan dan mengembalikan keaslian wisata alam secara bergotong royong dengan rasa turut memiliki dan bertanggung jawab untuk mempertahankannya.

(Fredrickus)FP

Komentar

News Feed