Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Jalan Penghubung antar Kecamatan Padang Lawas Bak Banjir Bandang
Array

Jalan Penghubung antar Kecamatan Padang Lawas Bak Banjir Bandang

IMG_20151212_051041

FAKTA PERS. COM,  Padang Lawas.

Jalan penghubung antar Kecamatan Barumun menuju Kecamatan Barumun Selatan, Kab. Padang Lawas (Palas) seperti banjir bandang. Pasalnya gorong-gorong jembatan tertutup oleh sampah, sehingga volume air dari parit jalan meluap hingga hampir menutupi seluruh  ruas jalan hingga menimbulkan kerusakan jalan penghubung antar kecamatan ini kian parah.

IMG_20151212_051109

Pantauan Fakta Pers di Desa Tanobato Kecamatan Barumun, Jumat (11/12), sepanjang 500 meter rusak dan digenangi luapan air parit. Ketinggian air di jalan itu sekitar 10 hingga 30 sentimeter. Terlihat pengendara kendaraan roda dua membawa padi yang hendak di bawa ke pabrik penggilingan padi di daerah itu terjatuh karna kesulitan melalui jalan yang digenangi air.

“Aduh, ngga tau lagi mau bagaimana. Padahal padi ini sudah kering dan tinggal dibawa ke pabrik penggilingan saja untuk digiling. Sekarang padi ini sudah basah,  tentu saya harus jemur lagi ini bang”, ungkap seorang warga yang hendak melintasi jalan tersebut kepada wartawan.

“Sebenarnya jalan ini setiap kali turun hujan, pasti  digenangi air bang. Tapi berhubung kondisi beras dirumah sudah menipis, walau saya tahu jalan ini pasti banjir, saya paksakan diri membawanya ke pabrik penggilingan. Ah, memang lagi sial kali bang”, keluhnya. .

Ia juga menyatakan bahwa kondisi jalan yang digenangi air ini sudah lama dirasakannya. Menurutnya pemerintah seperti menutup mata tentang jalan yang sudah jelas rusak. “Padahal bang, kedatangan Gubernur Sumatra kemarin kami berharap, Bupati Palas akan lebih memperhatikan jalan ini. Tetapi, baik Bupati dan Gubernur sama saja, tidak jauh beda. Buktinya, sampai saat ini saya masih merasakan hal yang sama. Saya jadi bingung sendiri, Gubernur ngapain ya ke Palas ini?, apa dia cuma mau jalan-jalan ya bang. Sama sekali tidak melihat kondisi jalan ini”, tambahnya geram.

Sementara, Kabid Binamarga Fahruddin saat dikonfirmasi terkait kondisi sejumlah ruas jalan di kabupaten Palas menyatakan, kondisi jalan yang rusak dan butuh perawatan banyak, tetapi pihaknya harus membicarakan terlebih dahulu jalan mana yang paling didahulukan.

“Dana perawatan jalan itu ada bang. Jalan yang rusak dan butuh perawatan juga banyak. Tetapi kita tidak bisa sembarangan memperbaikinya, kita harus bicarakan jalan mana yang paling di dahulukan”, ungkapnya.

Sementara saat dikonfirmasi mengenai besaran dana perawatan jalan untuk tahun anggaran 2015, Fahruddin mengatakan pihaknya tidak tahu persis. “Saya kurang tahu persis bang, saya harus lihat DPA dulu”, katanya.

Wartawan coba menemui Kadis PUPE Palas Ulil Padli, tidak berhasil di temui dikantornya. Saat dihubungi via selulernya juga tidak aktif.

(Robert Nainggolan)FP

Most Popular

Recent Comments