oleh

Pembangunan Jalan Hotmic Hutalimbaru Diduga Marak Penyimpangan

-Daerah-307 views
IMG_20151212_012505
Jalan hotmic saat dilewati kendaraan sudah bonyok dan retak, ditambah pinggiran atau bes bahu jalan hotmix tidak dirapikan dan terkesan amburadul.

FAKTAPERS. COM, Padang Lawas.

Pembangunan jalan Hotmic dengan nilai fantastis sebesar Rp. 1,4 M yang terletak di Desa Hutalimbaru, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, timbulkan opini negatif terhadap pengguna jalan.

Menurut pantauan Fakta Pers, di lokasi pembangunan jalan hotmix disinyalir cacat mutu dan kualitas. Sehingga kuat dugaan tidak memenuhi spek yang sudah ditentukan. Pasalnya, jalan hotmix  berkisar 800 meter yang dibangun, diduga kandungan material sirtu lebih banyak dibandingkan dengan batu pecah. Diduga pula sistem pemadatan bes juga dilakukan asal jadi. Terbukti jalan hotmix saat dilewati kendaraan sudah bonyok dan retak, ditambah pinggiran atau bes bahu jalan hotmix tidak dirapikan dan terkesan amburadul.

Plank merk yang dipasang oleh pihak pemilik proyek tidak memberikan informasi tentang panjang jalan hotmic yang dibangun. Sehingga masyarakat tidak tahu-menahu akan panjang yang dibangunkan. Yang paling ironis lagi, jembatan penghubung yang ada sampai saat ini rusak. Sehingga menimbulkan opini negatif pengguna jalan, padahal jalan hotmic masih baru dibangun.

Alat berat dan mobil pengangkut material pembangunan jalan hotmic disinyalir sebagai penyebab putusnya jembatan yang diduga melebihi kapasitas kemampuan jembatan. Alhasil jembatan dibangun atau digantikan dengan batang kelapa yang dilapisi hotmic di atas jembatan yang terbuat dari batang kelapa, tanpa diperbaiki oleh pihak pemborong.

“Dulu jembatan ini masih bagus,  tapi kenapa setelah jalan ini di aspal hotmic, jembatan koq menjadi batang kelapa dilapisi aspal pula lagi, seperti karamel aja, ada apa dengan dinas PUPE Palas”?, kata Robert Nainggolan seorang  pengguna jalan yang hendak melintas saat di hampiri wartawan Medeks.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kabid Binamarga pada Dinas PUPE Kabupaten Padang Lawas Fahruddin ST saat dikonfirmasi  dikantornya Kamis (10/12), mengatakan, jalan hotmic  yang di bangunkan di Desa Hutalimbaru sudah selesai dikerjakan, karena sudah dilakukan pengukuran. Menurutnya proyek pekerjaan hotmic  itu tidak ada masalah, dan sudah PHO.

“Mengenai jalan hotmic itu sudah selesai dikerjakan oleh pihak pemborong. pengukuran sudah kita lakukan dan tidak ada masalah pada pekerjaan pengaspalan hotmic, bahkan sekarang sudah PHO”.  Kata Fahruddin Kabid Binamarga pada Dinas PUPE daerah Padang Lawas yang sekaligus Pimpro (Pimpinan Proyek) pengaspalan pada Jalan Hutalimbaru.

Sementara informasi dari sumber yang dihimpun wartawan, sebenarnya panjang jalan 1.150 meter, dan perkirakan panjang jalan yang dibangunkan lebih kurang 850 meter. Diduga akibat kekurangan panjang jalan aspal hotmic, sehingga PPK dan PPTK mengambil kebijakan untuk membuat drainase dan dek penahan jalan.

Seharusnya Dinas PUPE Palas melalui Pimro pengaspalan Hotmic pada Desa Hutalimbaru Barumun, lebih jeli melihat kondisi keadaan dilapangan, berbagai dugaan penyimpangan pengerjaan pengaspalan menimbulkan berbagai pertanyaan di masyarakat. Bagaimana masyarakat bisa mengawasi kegiatan, sementara pada plank informasi tidak menjelaskan berapa panjang pengaspalan hotmic yang dibangunkan.

(Robert Nainggolan)FP

Komentar

News Feed