Senin, Maret 8, 2021
Beranda Pengadilan Negeri Indramayu Lamban Pasang Papan Pengumuman Sita Jaminan
Array

Pengadilan Negeri Indramayu Lamban Pasang Papan Pengumuman Sita Jaminan

100_0653
Pengadilan Negeri Kelas 1B Indramayu, Jawa Barat

FAKTAPERS.COM, Indramayu.

Kasus sengketa perdata perselisihan kepemilikan aset antara pengusaha kaya berasal dari Kabupaten Indramayu dengan investor yang bergulir di Pengadilan Negeri Kelas 1A Tangerang sudah memasuki putusan pada 18 Agustus 2015 dengan Nomor 165/Pdt.6/2015/PN.Tng, selaku penggugat Tan Sing Hock dengan tergugat Hj. Yossy Binti Carkiyah dengan putusan dimenangkan oleh penggugat.

Berawal dari kedekatan keduanya yang sudah hidup bersama dan berjalan baik, namun dikarenakan permasalahan pribadi akhirnya mereka saling gugat dan memperebutkan aset yang sudah dimiliki selama bisnis mereka berjalan selama kurang lebih 20 tahun.

Tidak hanya sampai disitu, Hj. Yossy Binti Carkiyah sebagai tergugat belum dapat menerima putusan Pengadilan Negeri Tangerang dan meneruskan kasus perdatanya melalui banding ke Pengadilan Tinggi Banten yang hingga kini masih berjalan menunggu hasil putusan.

Akan tetapi sesuai dengan putusan di Pengadilan Negeri Tangerang sudah mengeluarkan Surat Sita Jaminan yang langsung di delegasikan kepada Pengadilan Negeri yang menaungi obyek-obyek dimana barang jaminan itu berada. Termasuk Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Indramayu.

Dari keseluruhan aset yang dimiliki oleh Hj. Yossy Binti Carkiyah terdapat didaerah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Namun sampai saat ini juru sita Pengadilan Negeri Indramayu belum melakukan pemasangan papan pengumuman sita jaminan terhadap obyek-obyek aset yang kini masih dalam proses banding di Pengadilan Tinggi Provinsi Banten.

Screenshot_2015-12-14-22-16-52
Wakil Ketua PN Indramayu Oloan Harianja, SH, MH

P_20151211_105152
Tawid Taryono, SH, MH, Pansek PN Indramayu

Menurut keterangan dari Wakil Ketua PN Indramayu Oloan Harianja, SH, MH dan Tawid Taryono, SH, MH selaku Pansek kepada faktapers.com di kantornya pada Jumat 11/12/2015, menjelaskan bahwa pihaknya menjalankan kinerja sesuai dengan yang sudah ada didalam undang-undang. Karena tidak ada permintaan dari pihak tergugat untuk memasang papan pengumuman sita jaminan, Pengadilan Negeri Indramayu hanya membacakan putusan pengadilan terhadap status kepemilikan obyek aset yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu. Akan tetapi apabila ada permintaan, pihaknya siap untuk memasang papan pengumuman sita jaminan.

Namun ditempat berbeda pihak penggugat menjelaskan kepada faktapers.com sudah melakukan permintaan pemasangan papan pengumuman sita jaminan melalui pengacaranya dan orang kepercayaannya kepada salah satu oknum petugas juru sita di PN Indramayu. Pihaknya mengaku juga sudah menyerahkan sejumlah uang sebagai transport dan biaya cetak spanduk yang jumlahnya sangat fantastis. Akan tetapi bukti dilokasi obyek sengketa belum pernah terpasang papan pengumuman sita jaminan tersebut.

Untuk itu pihak penggugat berharap kepada Pengadilan Negeri Indramayu untuk melakukan tugas dan kewajibannya sebagaimana mestinya dan tidak berlaku tebang pilih. Dengan mengacu dari putusan PN Tangerang yang sudah berkekuatan hukum seharusnya PN Indramayu melaksanakan apa yang sudah menjadi tugas dan kewajibannya demi nama hukum.

(Jhon / Toto H)FP

Most Popular

Recent Comments