oleh

Pertama, Pasar Huristak Pilot Projec Pembangunan Desa di Kecamatan Huristak

-Daerah-276 views
DSCN0576
Kepala Desa Pasar Huristak, Radang Hasibuan di lokasi Jalan Rabat Beton menuju masjid raya Desa Pasar Huristak, Kecamatan Huristak, Padang Lawas.

FAKTAPERS.COM, Padang Lawas.

Dalam pemanfaatannya bantuan dana desa bersumber dari APBN. Desa Pasar Huristak jadi Pilot Project pembangunan desa di Kecamatan  Huristak, Kabupaten Padang Lawas, diharapkan bisa lebih dioptimalkan untuk membangun berbagai fasilitas umum yang bisa mendongkrak indeks pembangunan desa.

Bergulirnya bantuan dana desa saat ini dimanfaatkan Pemerintah Desa Pasar Huristak, Kecamatan Huristak Kabupaten  Padang Lawas untuk membangun jalan rabat beton dan parit serta sarana alat kantor desa.

Seluruh kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan oleh warga,  sedangkan pihak pemerintahan desa selaku penanggung jawab sekaligus sebagai pengawas pembangunan.

Kades Pasar Huristak, Radang  Hasibuan mengatakan, pembangunan  jalan rabat beton dan parit menuju masjid dikerjakan oleh masyarakat yang sebelumnya sudah disepakati bersama antara pemerintahan desa, hatobangon dan dengan masyarakat setempat.

“Pembangunan jalan rabat beton dengan ukuran panjangnya 214 X 3 meter, sedangkan ketebalannya 12 cm. sedang untuk paritnya, panjang 314 meter kanan-kiri dengan kedalaman parit 40 Cm dan ketebalan dinding serta lantai parit masing – masing 10 Cm, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Radang juga mengatakan, awal pengerjaan pembangunan jalan rabat beton ini berlangsungkan sejak tanggal 23 November dan saat ini pihaknya masih selesaikan satu  titik. Sedang dua lainnya, karena dana tahap kedua belum diraih maka pekerjaan ini sementara dihentikan sampai menunggu dana selanjutnya.

Namun direncanakan dibangun petengahan Desember 2015 ini. Sementara untuk material yang dipakai menggunakan material yang berkualitas dan tenaga teknis dari warga sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

“Pembangunan fasilitas umum jalan rabat beton ini juga ditambahkan pembangunan parit di sisi kiri-kanan jalan yang dibangun di sekitar pemukiman warga menuju ke tiga mesjid di desa ini, yakni Dusun Pasir Batu, Pasir Palangas dan jalan menuju Masjid Raya yang terletak di Desa Pasar Huristak. Dan ditambah lagi dengan pengadaan alat kantor desa. Dianggarkan biaya bangunan keseluruhan mencapai Rp 260 juta, yang sudah meliputi PPN,” katanya kepada wartawan Fakta Pers, Senin, (7/12).

Radang menambahkan, dana bantuan yang digulirkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten, semuanya sudah diterapkan untuk membangun berbagai fasilitas umum. Dan saat  ini pemerintahan desa pasar Huristak masih menunggu tahap pencairan kedua,  Kedepannya pihak desa masih akan melakukan pembangunan maupun perbaikan berbagai fasilitas umum lainnya.

“Semoga saja pada anggaran selanjutnya dapat  direalisasikan sehingga semua pembangunan maupun pembuatan fasilitas umum bisa diselesaikan dengan baik dan cepat,” ungkapnya.

(Robert Nainggolan )FP

Komentar

News Feed