Rabu, Mei 12, 2021
BerandaWarga Merugi Atas Pengerjaan Proyek PT. Gading Pulo Sejahtera Kali Maja Bulak Sereh...
Array

Warga Merugi Atas Pengerjaan Proyek PT. Gading Pulo Sejahtera Kali Maja Bulak Sereh Pegadungan Kalideres

IMG_20160112_142744FAKTAPERS.COM, Jakarta.

Masyarakat Kampung Bulak Sereh, Kel.Pegadungan,Kec.Kalideres, Jakarta Barat, mengaku sangat kecewa dan menuntut pengantian atas kerusakan material bangunan rumah tinggal yang terkena dampak dari pengerjaan proyek Sheet Pile Kali Maja yang sedang di kerjakan oleh Dinas Tata Air Kota Administrasi Jakarta Barat (10/1).

Banyak warga di sekitar lokasi yang mengeluhkan rumahnya mengalami kerusakan seperti banyaknya retakan pada dinding rumah. Bukan hanya itu saja, beberapa infrastruktur juga ikut rusak atas pengerjaan proyek tersebut. Hampir dua bulan akses jalan warga ditutup total. Seperti yang dituturkan Udin, salah satu warga pemilik usaha warung sembako di lokasi, Minggu (10/1), proyek tersebut menyebabkan banyak kerugian materi bagi para pelaku usaha swasta dan warung sembako yang berada disekitar lokasi karena ditutupnya akses jalan warga. Sehingga, proyek ini mengganggu kenyamanan warga.

IMG_20160112_142555

Meski pengerjaan proyek sudah selesai pengerjaannya, namun sisa material yang berserakan dibiarkan begitu saja sehingga membuat tidak nyaman warga sekitar.

“Ganti rugi yang pernah dijanjikan oleh pihak PT. Gading Pulo Sejahtera  kepada warga, yang sebelumnya pernah di sepakati hingga saat ini belum juga dibayarkan,” pungkas Udin dengan nada kecewa.

Warga yang awalnya mendukung atas pengerjaan proyek pemerintah, menjadi tidak simpati lagi. Bahkan tidak mendukung terhadap proyek pemerintah yang berada di lingkungan Bulak Sere, dikarenakan pihak pelaksana tidak menepati janji yang telah disampaikan kepada warga Bulak Sere untuk penggantian maupun kompensasi dampak dari kegiatan proyek tersebut.

Warga pun meminta kepada wartawan Faktapers untuk menyampaikan keluhan mereka terkait dampak kerusakan dari pembangunan Sheet Pile yang di kerjakan oleh PT. Gading Pulo Sejahtera kepada Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, ataupun kepada pihak pelaksana PT. Gading Pulo Sejahtera untuk segera menyelesaikan permasalahan ganti rugi rumah warga yang retak dan kompensasi dampak proyek tersebut bagi lingkungan dan masyarakat.

IMG_20160112_142707

Hal senada disampaikan warga lainnya, Hasan, mengatakan pekerjaan Sheet Pile ini telah banyak merugikan masyarakat sekitar lokasi proyek. Selain tidak bisa melakukan aktivitas, pekerjaan itu juga merusak sarana lainnya, seperti jalanan, dan pohon di sepanjang pinggir kali pun habis semua tergerus alat berat.

Parahnya lagi, kata Jampang tokoh masyarakat setempat, kabel listrik menjadi acak acakan nyaris menyentuh atap rumah warga karena tidak terpasang sebagai mana mestinya seperti sediakala. Dan hal tersebut mengakibatkan lampu penerangan jalan banyak yang rusak dan mati.

Jampang juga menilai proyek pembangunan Sheet Pile Kali Maja ini meninggalkan banyak masalah untuk warga dan lingkungan. Jalanan rusak dan kotoran berupa tanah dan sampah bertebaran dimana-mana ditinggalkan begitu saja oleh kontraktor.

“warga sangat menyayangkan atas pekerjaan proyek pemerintah yang menelan biaya besar tetapi tidak maksimal pengerjaannya, dan tidak bertanggung jawab atas dampak kerugian yang dialami oleh masyarakat,” tutur Jampang kepada Faktapers.

(Guntur)FP

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments