oleh

Sudah 2 Kali Tender, Jembatan Aek Sihopik “MANGKRAK”

-Daerah-323 views

IMG_1683

FAKTA PERS – Padang Lawas.

Jembatan Aek Sihopik sudah dua kali tender tapi tidak berfungsi, tahun 2014 yang lalu sudah ditenderkan, namun karna keterlambatan batas pengerjaan pihak dari Dinas PUPE (Pekerjaan Umun dan Pertambangan Energi ) Padang Lawas (Palas) memutus kontrak rekanan dan selanjutnya ditahun 2015 kembali ditenderkan namun tetap saja jembatan Aek Sihopik tidak berfungsi sama sekali, pasalnya Bes oprit dan plat injak yang merupakan penghubung jembatan tidak ada.IMG_20160224_174726

Jembatan Aek Sihopik Desa Hutalimbaru adalah jembatan penghubung Desa Hutalimbaru, Kecamatan Barumun ke Desa Sayur matua, Kecamatan Barumun yang juga merupakan jalan tembus ke Desa Pintu Padang Sigoring-goring, Kecamatan Ulubarumun, Kabupaten Padang Lawas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Fakta Pers Media dari warga sekitar, Jembatan Aek  Sihopik sebenarnya sudah dibangun ditahun 2014, karna pihak rekanan terlambat atau habis batas waktu pengerjaan, pihak Bina Marga Palas memutus kontrak dan alhasil pihak rekanan hanya mampu membuat  satu abbutment saja atas pembangunan jembatan tersebut.

Melanjutkan Pembangunan jembatan Aek sihopik, Pihak PUPE Palas kembali lelang tenderkan lagi di tahun 2015 dimenangkan oleh Cv Mandiri Bangun Nusa dengan nomor kontrak 630/014/WIL-1.BM/SPKKHS/X/2015 dengan nilai Rp. 1.968.055.000,00,- sebagai konsultan pengawas dari PT ARTEK UTAMA ENG CONS

IMG_20160224_175358

Alhasil, sampai berita ini dimuat jembatan tersebut belum bisa dipergunakan, sementara jembatan itu sudah sangat lama dinantikan ratusan warga dan anak sekolah mulai  jenjang SMP sampai Kuliah memakai jembatan tersebut.

Sehingga warga sekitar Desa Hutalimbaru berinisiatif membangunkan jembatan penghumbung darurat tepat disamping Jembatan Aek Sihopik, dengan rincian setiap kendaran roda dua yang melintas harus membayarkan Rp. 3000,- setiap lewat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kamis (25/2) sekira pukul 15:35 wib PPTK jembatan Aek Sihopik yang biasa dipanggil  Absah saat ditanya mengatakan  Jembatan Aek Sihopik tahun anggaran 2015 sudah selesai, “jembatan itu sudah selesai, dan memang walau itu belum bisa dipergunakan tetapi memang di RAB hanya sampai disitu bang”,terangnya.

Tambahnya, sebenarnya sudah ditenderkan dua kali ke pihak rekananya itu ditahun 2014 dan 2015 hingga menghabiskan dana hampir Rp. 4 Miliar.

Dihari yang sama Kadis PUPE Palas Ulil Padli Nasution saat ditemui di kantornya juga membenarkan bahwa jembatan Aek Sihopik untuk tahun anggaran 2015 sudah selesai. “Iya benar, tetapi proyek itu kan bertahap, nantilah dianggarkan lagi di tahun 2016.

(Robert Nainggolan)

Komentar

News Feed