oleh

Satlantas Polres Tapsel dan Poslantas Barumun, Sosialisasi Safety Riding

-Daerah-306 views

Ciptakan Palas Safety Berkendara dan Tertib Lalu Lintas, Satlantas Polres Tapsel dan Poslantas Barumun, Sosialisasi Safety Riding

IMG_20160315_111714
Plh Sekdakab Palas Syamsul Anwar, SE melakukan pengguntingan pita di depan mobil Unit Pelayanan SIM Keliling Polres Tapanuli Selatan. (Foto : R9).

FAKTA PERS – Padang Lawas.

Untuk upaya ciptakan Palas Safety berkendara dan tertib lalu lintas, Kapolres Tapsel AKBP Ronny Samtana melalui jajaran Polres Tapsel, Kasat Lantas AKP Sonny Harsono didampingi Kabagren Kompol TR. Manalu bersama Kaposlantas Polsek Barumun Ipda Mujiono, gelar Sosialisasi Keamanan Berlalu Lintas (safety riding), Selasa (15/3) di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Plh. Sekdakab Palas dengan pengguntingan pita tepat didepan mobil unit pelayanan SIM keliling Polres Tapsel, dan disaksikan oleh jajaran Satlantas Polres Tapsel, Kadishub Palas Ali Irfan Hasibuan, Kabag Humas Pemkab Palas M. Irwan Hasibuan, tim safety riding Kantor Astra Perwakilan Sumut dari Kota Medan, Komunitas Motor Jadul Pasir Pengairan, dan puluhan siswa pelopor keselamatan berlalu lintas, serta ratusan warga masyarakat Sibuhuan dan sekitarnya.

IMG_20160315_111800
Plh Sekdakab Palas Syamsul Anwar, SE melakukan uji coba mesin simulator SIM.

Dalam kesempatan itu Plh Sekdakab Palas juga melakukan uji coba mesin kenderaan simulator SIM yang dibawa oleh tim Astra Medan, dirangkai dengan kegiatan pembagian helm secara gratis kepada sejumlah pengendara roda dua yang melintas di lapangan Merdeka Sibuhuan.

Kasatlantas Polres Tapsel AKP. Sonny Harsono mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu merupakan upaya dari jajaran Satlantas Polres Tapsel  untuk meningkatkan ketertiban masyarakat Palas dalam berlalu lintas dirangkai yang dengan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online dengan menurunkan satu unit mobil pelayanan SIM keliling, yang direncanakan selama dua hari, diharapkan masyarakat mematuhi peraturan berlalu lintas serta semakin tahu dan sadar arti pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Saat ditanyai Fakta Pers Media, tanggapannya seputar keadaan jalinsum yang ada di Palas banyak yang rusak dan berlobang, Kasat Lantas Tapsel AKP Sonny Harsono membenarkan  hal tersebut, dan mengatakan,” Itu adalah salah satu faktor penyebab laka, dan hal tersebut sudah dibahas melalui forum, bahkan kita telah menyurati pihak terkait untuk perbaikan jalinsum yang rusak, karna kerap membahayakan keselamatan pengguna jalan”. Kata Kasat Lantas Tapsel AKP Sonny Harsono kepada media.

P_20160315_122149

Dalam kesempatan yang sama juga, Kapos lantas, Ibda Mujiono mengatakan, Selain memberikan materi pemahaman mengenai peraturan lalu lintas, juga akan memperagakan tehnik berkendara dan pengereman yang aman, tentu harapan kita untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di Palas, yang kebanyakan terjadi karna faktor human error atau kesalahan pengemudi.

“Untuk pengurusan SIM online ini, terbuka kesempatan kepada seluruh warga Palas, sedang soal besaran biaya untuk pengurusan SIM akan ada pembayaran yang salah satu peruntukannya untuk setoran ke negara dengan nama penerimaan negara bukan pajak (PNBP). ,” terang Ipda Mujiono. (R9) FP

Komentar

News Feed