oleh

Tidak Menjamin Akurasi Hasil Laboratorium Limbah PT VAL, BLHD Palas Mandul Tangani Masalah Lingkungan

-Daerah-321 views
photo
Staf BLHD Palas sudah melihat langsung titik parit limbah PT VAL Huta Lombang yang mengalir ke sungai Aek Parsombahan.

FAKTA PERS – Padang Lawas.

Meski pihak BLHD Palas sudah melihat langsung titik parit limbah (airnya hitam pekat) PT VAL menuju sungai, tetap tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan tidak mampu menjamin akurasi sampel di lokasi titik tercemarnya sungai yang di aliri limbah PT VAL Huta Lombang.

Pasalnya pihak BLHD Palas melalui Kabid Pencemaran air dan udara kepada Fakta Pers Media mengungkapkan uji laboraturium atas sampel air sungai Aek Parsombahan yang tercemari limbah hasilnya dapat diketahui satu bulan kedepan, serta menambahkan bahwa pihaknya mewakili BLHD Palas tidak bisa menjamin akurasi serta keamanan sampel ditukar (sabotase). Di duga pihak BLHD Palas, memanipulasi sampel limbah seluruh Pabrik sawit yang ada di Palas, karena SKPD terkait tidak mampu menjamin keakuratan sampel saat akan di bawa ke laboraturium di Medan.

Menanggapi hal tersebut, Warga JANGKOS yakni gabungan dari beberapa desa di kecamatan Lubuk Barumum yang merasa dirugikan terkait limbah PT VAL Huta Lombang sangat menyesalkan sikap dari BLHD. Kepada Fakta Pers Media mereka mengatakan, warga sangat menyesalkan sikap dari BLHD, sebab mereka sudah lihat langsung air parit limbah yang mengalir ke sungai warga.

“Staf BLHD yang turun mengambil sampel untuk di bawa ke laboraturium sudah melihat beberapa titik parit limbah PT VAL mengalir kesungai Aek Parsombahan, jelas terlihat air parit hitam pekat mengalir kesungai kami, apa itu tidak berbahaya”..?

Tambahnya,” Pinggiran tepi parit, sudah berkerak hitam, artinya parit sudah sering digunakan untuk membuang limbah kesungai, Pihak BLHD Palas tidak bisa menjamin kalau sampel itu aman, dan tidak diganti oleh orang lain, lantas untuk apa sampel itu di ambil, apa cuma mau membohongi kami”….?

Salah satu unsur penting dalam pembangunan adalah pembangunan di bidang industri. Namun dalam kegiatan industri akan diikuti dengan dampak negatif limbah industri terhadap lingkungan hidup manusia.

Limbah industri akan memperburuk kondisi lingkungan dan akan meningkatkan penyakit pada manusia dan kerusakan pada komponen lingkungan lainnya dan harus ditangani dengan baik dan serius oleh Pemerintah Daerah Padang Lawas.(R9)

Komentar

News Feed