Jumat, Mei 7, 2021
Beranda192 Pemilik Bangunan yang Melanggar Ikuti Sidang Yustisi di PN Jakarta Barat
Array

192 Pemilik Bangunan yang Melanggar Ikuti Sidang Yustisi di PN Jakarta Barat

P_20160429_114336

FAKTAPERS-Jakarta.

Ratusan warga pemilik bangunan yang melanggar ketentuan peraturan daerah No. 7 Tahun 2008 tentang tata cara dalam membangun gedung, gudang, dan rumah tinggal mengikuti sidang Yustisi di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (29/4/2016).

Para pemilik bangunan satu persatu di panggil panitera untuk mengikuti sidang di dua ruangan Omar Seno Aji dan ruangan Wirjono Prodjodikoro di kantor Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Para pemilik bangunan atau yang mewakili dihadirkan di ruangan sidang untuk membayar sejumlah denda dengan harga yang bervariasi sesuai pelaggaran yang sudah ditentukan oleh pihak Pemda tentang retribusi dan denda pelanggaran dari masing-masing bangunan tersebut.

Dari total keseluruhan yang mengikuti sidang Yustisi hari ini ada 192 pemilik bangunan dengan total pemasukkan ke negara mencapai Rp. 1, 360 (satu milyar tiga ratus enam puluh juta rupiah), kata Fajar Kasie Pengawasan Bangunan Suku Dinas Penataan Kota Jakarta Barat saat di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Menurutnya, untuk pelanggaran paling banyak bangunan yang tidak sesuai izin mendirikan bangunan. Dikenai denda mulai dari 2 juta dan tertinggi mencapai 50 juta rupiah. Sidang Yustisi ini pelanggaran terhadap pelaku pembangunan, tapi kalau di lapangan masih tetap ada pelanggaran.

Dikatakan Fajar, sebetulnya kalau dibandingan tahun lalu, hampir sama tahun lalu ada 191 pelanggar, tahun ini ada 192 pelangar sedikit meningkat. Namun untuk pendapatan tahun ini angkanya lebih meningkat.

Sidang Yustisi ini bertujuan agar memberi efek jera terhadap masyarakat pelaku pembangunan agar taat akan aturan hukum yang berlaku. (Red03)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments