Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaKadisdik Paluta, "Tidak Benar Ada Pungli di SDN 101370 Batang Pane II"
Array

Kadisdik Paluta, “Tidak Benar Ada Pungli di SDN 101370 Batang Pane II”

foto0984
Jumpa pers dan wawancara dengan Tim LSM Tarink, Kepsek, Guru kelas , siswa, dan komite sekolah diruagan kantor kepala sekolah.

FAKTA PERS – Padang Lawas Utara.

Bumingnya berita terkait dugaan pungli di SDN 101370 Batang Pane II Kabupaten Padang Lawas Utara, Kadisdik Paluta  Drs Umar Pohan kepada Fakta Pers Media Minggu (17/4), menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar. “Sebenarnya itu bukan Pungli, dana denda tersebut adalah hasil musyawarah guru kelas dan siswa, dan hasilnya digunakan untuk siswa yang berprestasi sebagai motivasi agar mereka lebih giat lagi belajar”.

Di hari yang sama, Kepsek SDN 101370 Batang Pane II Kab. Padang Lawas Utara Juli Safria Harahap SPdi, kepada Fakta Pers Media mengatakan “Saya keberatan telah difitnah melakukan pungutan liar kepada siswa, perbuatan yang dituduhkan salah satu wali murid tidak benar sama sekali”.

“Guru kelas hanya memberikan efek jera agar para siswa sesampainya dirumah setelah pulang sekolah tetap memperhatikan buku pelajarannya. Dan pada malam harinya anak-anak didik ini diharapkan selalu membuka buku pelajaran dan memeriksa apakah ada tugas rumah (PR)  keesokan harinya”, terangnya.

Ketua komite, A’an Jalaluddin juga menjelaskan,”Kami merasa tidak ada keberatan sama sekali  Denda yang diberlakukan pada anak didik, sehingga bertolak belakang dengan yang dituduhkan salah satu orang tua murid sehingga kami merasa heran dan terkejut tentang tuduhan yang dituduhkan kepada Kepsek SDN 101370 Batang Pane Dua,”

Demikian juga dikatakan, Emmi Suriani wali kelas IV, “Denda tersebut  kepada adalah kesepakatan antara siswa/i  dan guru kelas yang bersangkutan. Jelas kepala sekolah tidak mengetahui aturan yang diberlakukan di kelas, dan aturan yang kami buat ini sudah ada sejak kepala sekolah sebelumnya, yaitu Tiohipa siregar”.

Mailani, Nadia Stephanie Hotima Siswa kelas VI, dan Dini Manyani Siswa kelas V serta Depa Sela, Fitri Aureliansyah Siswa kelas IV mengungkapkan “Denda, diterapkan kepada teman Alpa, Sakit, Ijin dan tidak mengerjakan PR, bagi kami jelas ini sangat bermanfaat, karena dengan adanya denda ini maka alami teman yang jarang mengerjakan PR nya dirumah malahan semakin rajin untuk menyelesaikannya, kemudian uang yang terkumpul ini pun kami gunakan untuk memberikan hadiah kepada teman yang juara ,kalau ada kemalangan ,dan untuk menjenguk teman teman  kami yang sedang sakit”, terangnya.

Wakil ketua komite Slamet Nugroho juga mengatakan “Fungsi kami mengawal dan mengawasi dana BOS dan sebagai penyambung aspirasi orang tua siswa. Tidak mengetahui tentang adanya pungutan liar dan seandainya ada, akan kami hentikan, kalau yang namanya berbentuk kutipan, dan tentang denda kepada anak anak kami ,selagi masih untuk memperbaiki disiplin kami tidak pernah merasa keberatan sama sekali.”

foto0985

Menanggapi persoalan tersebut, Ketua DPD LSM Tarink Sabung Ganti Harahap kepada Fakta Pers Media mengatakan,”Sesuai dengan fakta dan investigasi yang kami peroleh dilapangan dan ditambah dengan melakukan metode wawancara langsung kepada kepala sekolah , guru kelas ,anak didik, dan ketua komite/anggota sekolah,  dapat kami simpulkan bahwa, hampir keseluruhan isi berita tersebut jauh menyimpang dengan yang sebenarnya, kebijakan denda yang di terapkan disekolah tersebut sudah diberlakukan oleh Eks Kepsek Tirohipa Siregar (Kepsek sebelumnya).

Permasalahan antara guru dengan orang tua siswa menciptakan suasana yang tidak nyaman dapat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar, Peran aktif Kadisdik untuk segera mencari format dan menawarkan solusi bijak agar permasalahan tidak berkepanjangan. Berita yang beredar sudah menimbulkan image negatif masyarakat kepada tenaga pendidik di SDN 101370 Batang Pane II dan Dinas Pendidikan Kab Paluta dengan menuduh tanpa  dasar dan bukti yang kuat adalah tindakan kejahatan .

Untuk itu kami meminta agar nama baik Kepsek  SDN 101370 Batang Pane II, Juli Safria Harahap SPdi dipulihkan kembali seperti sedia kala, Kami siap tantang siapa saja yang ingim menghancurkan pendidikan di Paluta, sehingga harapan kita untuk mendukung dan menunjang Program Bupati Padang Lawas Utara dalam sektor pendidikan bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama, Tegas Sabung Ganti Harahap Ketua DPD LSM TARINK. (R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments