Jumat, September 24, 2021
BerandaPencalonan Kades Ditolak, M. Arham Layangkan Gugatan ke PTUN Jambi
Array

Pencalonan Kades Ditolak, M. Arham Layangkan Gugatan ke PTUN Jambi

IMG-20160424-WA0006

FAKTAPERS-Sarolangun.

Muhammad Arham bakal calon Kepala Desa Muara Limun, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun resmi melayangkan gugatan ke PTUN Jambi.

Arham menggugat panitia Pilkades Muara Limun karena telah membatalkan berkas pencalonan dirinya sebagai Kades tanpa alasan yang jelas.

Kepada wartawan, Arham memperlihatkan memori gugatannya dan telah terdaftar di kepaniteraan PTUN Jambi tanggal 22 April 2016 nomor 09/G/PTUN.JBI ditandatangani oleh Panmud Perkara Ini Rahmawati, SH MH.

Menurut Arham, selain menggugat pantia Pilkades, dirinya juga menggugat Camat Limun, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) serta Bupati Sarolangun.

Arham menjelaskan dalam gugatan tersebut dirinya meminta Majelis Hakim PTUN membatalkan hasil musyawarah panitia pemilihan Kades Muara Limun Nomor 03/panpel/pilkades/IV/2016 tanggal 4 April 2016 terkait pemberitahuan pembatalan atau penolakan berkas bakal calon Kades Muara Limun.

Arham juga meminta majelis hakim menunda atau membatalkan proses Pilkades Muara Limun sampai dengan adanya keputusan hukum yang tetap dari PTUN terhadap gugatan yang diajukannya.

Seperti diketahui sebelumnya, Arham melayangkan gugatan ke PTUN karena panitia Pilkades menolak berkas pendaftaran yang diserahkannya. Saat itu Arham mendaftar 1 April 2016, sedangkan penutupan pendaftaran sampai 2 April.

Saat mendaftar panitia menerima berkasnya ditandai dengan adanya surat tanda terima berkas yang ditandatangani Pahrowi selaku ketua panitia Pilkades.

Saat itu berkas Arham belum lengkap dan secara tertulis panitia memberikan kesempatan kepada Arham melengkapi berkas hingga 16 April. Namun, anehnya tanggal 4 April panitia mengirimkan surat pembatalan berkas yang telah diserahkannya tanpa alasan yang jelas, sehingga niat arham untuk maju di Pilkades gagal.

(Red03/Sadri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments