Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Limbah PT VAL Huta Lombang Malapetaka bagi Sungai Parsombahan Hasil Uji LAB...
Array

Limbah PT VAL Huta Lombang Malapetaka bagi Sungai Parsombahan Hasil Uji LAB BLH Provinsi Sumatra Utara Ngawur

IMG_20160429_113405

FAKTAPERS-Padang Lawas.

Masyarakat Padang Lawas (Palas) mempertanyakan sampel limbah PT. VAL Huta Lombang yang bawa BLHD Palas melalui Maria Ulfah Nasution ke Kepala BLH Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara Ir. Baginda M Pohan yang diuji Laboratorium mulai tanggal 22 sampai dengan 30 Maret 2016 melalui sertifikat hasil pengujian nomor 219/BLH.SU-LL/C/III/2016 yang menyatakan bahwa sampel tersebut aman dianggap nyeleneh serta ngawur.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan keadaan di sungai Parsombahan, Kecamatan Lubuk Barumun. Pasalnya, limbah PT. VAL Huta Lombang yang sudah cemari sungai Parsombahan yang belakangan menejemen PT. PHG kepada masyarakat beralasan adanya human eror, sehingga limbah tersebut langsung bersentuhan dengan sungai, serta mengakibatkan ribuan ikan mati dan penyakit gatal pada kulit warga yang mandi di sungai tersebut.

Kaban BLHD Palas, Soleman Harahap saat dikonfirmasi di kantornya tentang hasil sampel tersebut mengapa bertolak belakang dengan keadaan di lapangan, Jum’at (29/4) kepada Fakta Pers Media mengatakan,

“Kalau saja pengambilan sampel pada hari saat kematian ikan, tentu hasilnya akan berbeda.  Sedangkan sampel yang diambil saat itu sudah berlangsung empat hari setelah kejadian, mungkin itu penyebab hasil uji laboratorium BLH Provinsi Sumatra Utara (Provsu) menyatakan sampel itu aman. Memang saya mengakui bahwa sistem menejemen kita yang belum siap, mengingat jumlah personil tidak sebanding dengan jumlah PKS di Palas ini”, ungkapnya.

Ditempat lain, warga masyarakat Palas, Maulana Syafii, SHI, sangat mengecam ketidaksiapan BLHD Palas dan juga BLH Provsu yang menurutnya hasil uji laboraturium tersebut nyeleneh ( ngawur). Pasalnya BLHD Palas maupun BLH Provsu tidak memihak Rakyat.

“Sampel sungai parsombahan yang diuji di laboratorium Provsu mengakibatkan malapetaka pada warga dan biota ikan dinyatakan aman…ngawurr…jangan sampai warga menjadi korban!”.

” Kalau memang sungai Parsombahan aman dari bahaya limbah PT VAL Huta Lombang, saya sarankan perusahaan tersebut untuk mengkonsumsinya sebagai air minum. Utuk membuktikan kepada warga bahwa air sungai tersebut memang aman”, tegasnya.

(R9)

Most Popular

Recent Comments