Selasa, Mei 11, 2021
BerandaPembangunan Trase Baru Hulim - Uluaer Efektif 3 Bulan Berjalan 70 Persen
Array

Pembangunan Trase Baru Hulim – Uluaer Efektif 3 Bulan Berjalan 70 Persen

20160525_113751
Pemasangan Gorong-gorong pada jalan baru.

FAKTA PERS – Padang Lawas.

Pembangunan jalan darurat (trase baru) jalan lintas Sosopan, Hulim-Uluaer Kecamatan Sosopan dengan panjang pembukaan jalan 3,8 km dengan cara membelah gunung, efektif bekerja memasuki bulan ketiga, dari  yang dijadwalkan enam bulan sesuai rencana kerja.

Kaban Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas M. Irwan  Baginda Hasibuan melalui Kasubbid Pra Bencana dan Pasca Bencana Fahruddin Sianturi ST kepada Fakta Pers Media mengatakan, “Saat ini, proses realisasi pekerjaan sudah tembus 70%, maka jalan provinsi sepanjang 5 km yang rawan bencana longsor dapat dihindari “, Kamis (12/5).

“Pembukaan jalan, lanjutnya, kurang lebih 8 miliar dan bersumber dari BNPB RI melalui program DSP (Dana Siap Pakai) menggunakan alat berat seperti eskavator 4 unit, doser 2 unit, bomak 2 unit, motor greder 1 unit menggunakan sebagian dari alat berat PU Palas dan sebagian lagi dari luar “.

20160521_114152

“Sedangkan sarana yang kita pakai saat ini untuk menangani longsor Sumber dana BNPB RI dengan pagu kurang lebih 8 miliar dari program Dana Siap Pakai (DSP) dengan menggunakan bio sentetik dengan timbunan yakni,  gorong-gorong bio armco dan bio frem atau bio force dan bio tekstil”. tambahnya.

“Namun demikian karena belum selasainya pembangunan jalan baru pihak BPBD Palas secara fungsional tetap berupaya merawat ruas jalan sosopan sibuhuan,  khususnya mulai dari Patani Ombun  desa Pagaranbira sampai desa Hulim”. Terang Fahruddin Sianturi ST.

Ditempat lain Dr. Kamal Kepala Kapus Sosopan mengaku sangat apresiasif dengan diperbaikinya jalan lintas sosopan, pasalnya kondisi jalan yang buruk dan rawan longsor sudah menjadi pengalaman pahit dan di alami semenjak bertugas sebagai Kapus di sosopan tanpa adanya perbaikan.

“Saya sangat senang sekali loh pak atas perbaiki dan dibukanya jalan baru itu, sebelumnya kalau ada pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum di Sibuhuan, kerap kali saya merasa was-was melintasi sepanjang jalan dan itu sudah saya rasakan  lima tahun semenjak bertugas di sini, maunya gejala rawan longsor harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah “, keluh Kapus Sosopan agar pemerintah lebih memperhatikan jalan Sosopan yang rawan longsor. (R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments