Rabu, Juni 16, 2021
BerandaBPTJ Temukan Puluhan Bus Tidak Layak Jalan Saat Lakukan Ramp Check di...
Array

BPTJ Temukan Puluhan Bus Tidak Layak Jalan Saat Lakukan Ramp Check di Terminal Kalideres

P_20160606_123006

FAKTA PERS – Jakarta.

Setelah penandatanganan komitmen bersama antara Kepala BPTJ dengan Kepala Terminal seluruh Jabodetabek yang mencakup unsur kesiapan pengemudi kendaraan dan fasilitas pelayanan terminal kepada penumpang dan awak kendaraan yang sesuai standar pelayanan dan penyelenggaraan terminal yang tertuang dalam PM 40 Tahun 2015, Kepala BPTJ Elly Andri Sinaga turun memimpin langsung penerapan dan kesepakatan yang telah dibuat tersebut,

Penerapan kesepakatan di Terminal Kali Deres BPTJ mulai berlaku dari tanggal 6 sampai 24 Juni. Selain melakukan pengecekan langsung, juga terus berkeliling di sembilan terminal lainnya untuk melakukan Ramp Check guna memastikan keselamatan angkutan penumpang angkutan lebaran 2016.

Sembilan terminal utama angkutan lebaran tersebut diantaranya, Terminal Kali Deres, Kp. Rambutan, Pulo Gadung, Bekasi, Baranang Siang, Depok, Rawa Mangun, Poris Plawad, dan Pondok Cabe. Menurut Elly, Ramp Check juga akan dilakukan di Pool-pool bus pariwisata yang armadanya akan di gunakan untuk angkutan lebaran. Ada sekitar delapan ribu bus Bus AKAP yang akan di periksa BPTJ  lakukan Ramp Check

” Adapun Hal – hal yang akan kita periksa yaitu sistem penerangan kendaraan, kondisi ban, roda alat kemudi,k omponen pendukung, perlengkapan kendaraan bermotor, tanggap darurat, dan bagian ban kendaraan. Kondisi kendaraan secara keseluruhan sampai pada pengukur kecepatan kendaraan. Tak luput juga pengecekan pada spion, wiper, klakson, sabuk pengaman dan bagian tanggap darurat lainnya”, ujar Elly saat melakukan Ramp Check di Terminal Kali Deres Jakarta Barat.

Namun, pada pemeriksaan Ramp Check kendaraan di Terminal Kali Deres Elly merasa sangat kecewa, karena menurutnya banyak ditemukan kondisi bus yang tidak layak jalan.

” Dari tiga puluh unit kendaraan, hanya sepuluh persen saja yang layak jalan. Ini sangat mengecewakan sekali”, tutur Elly

” Ada beberapa kendaraan kita temukan, ada yang baut rodanya copot, ada yang tidak pakai Handrem, kemudian rodanya botak, dan lampu banyak yang mati”.

Dia menegaskan,tidak ada toleransi bagi kendaraan yang tidak mengikuti peraturan atau kendaraan yang tidak mengikuti standar kelayakan. ” Demi keselamatan pengendara dan penumpang kita akan tindak tegas bagi kendaraan yang tidak mematuhi peraturan”, ujar Elly.

Dia berharap, untuk para pemilik PO, atau pemIlik kendaraan dan pengemudi agar dapat melengkapi semua persyaratan dan kelayakan jalan bagi semua kendaraan bus Akap khususnya guna kenyamanan dan keselamatan penumpang dalam menghadapi lonjakan arus mudik dan arus balik pada angkutan lebaran tahun 2016 ini.

(HL03/RN01)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments