Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Meugang Kecil, Harga Daging Sapi Tembus Rp 160/Kg
Array

Meugang Kecil, Harga Daging Sapi Tembus Rp 160/Kg

IMG_6444
Pedagang Daging Sapi di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh saat Meugang (tradisi mengkonsumsi daging sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hari raya di Aceh.

FAKTA PERS – Lhokseumawe –

Harga daging sapi di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh saat Meugang (tradisi mengkonsumsi daging sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hari raya di Aceh) tembus kisaran 160 ribu per kilogramnya.

Sehari menjelang meugang, sejumlah pedagang sapi sudah terlihat memadati sejumlah lapak di pusat-pusat pasar tradisional di Kota Lhokseumawe. Amatan Fakta Pers Media dilapangan, beberapa pasar daging, seperti pasar Keude Cunda, Pasar Inpres, Sejak, Sabtu (4/06) sudah berjejer pedangan dengan lapak masing-masing.

Sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh, sehari jelang meugang ini, ada istilah meugang kecil, namun harga sudah mencapai Rp 160/kilo.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Inpres Lhokseumawe M. Nur mengatakan, harga daging sapi saat Meugang nanti bisa capai Rp170 – 180 ribu per kilogram karena tingginya permintaan masyarakat untuk merayakan masuknya bulan suci Ramadhan.

“Hari ini saja, harga daging sapi sudah Rp160 ribu sekilonya. Nanti pada saat meugang, dipastikan tidak akan kurang dari Rp 150 ribu per kilogramnya, bahkan bisa mencapai Rp 180 ribu per kilogram atau lebih lagi,” katanya.

Biasanya, lanjutnya untuk kebutuhan daging pada hari Meugang, jenis sapi yang disembelih umumnya sapi jantan lokal atau disebut sapi Aceh.

” Sapi lokal yang akan dikonsumsi pada hari meugang, umumnya pula berasal dari daerah Lhokseumawe dan Sekitarnya.

Tradisi mengkonsumsi daging sapi pilihan di Aceh menjelang memasuki bulan Ramadhan dan juga hari raya, dilaksanakan secara turun temurun.

Semua lapisan masyarakat Aceh, pada hari dimaksud mengkonsumsi daging sapi, termasuk daging kambing, bebek dan juga ayam. (Mukhlis)

Most Popular

Recent Comments