oleh

“Tampil Beda”, Tanpa Papan Nama plus Bendera Dispenda Palas Paling Hebat

-Daerah-317 views
001
Terlihat Kantor Dispenda Kab. Palas tidak ada papan nama serta tidak kibarkan bendera merah putih.

Fakta Pers – Padang Lawas.

Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Padang Lawas (Palas) tidak mengibarkan bendera. Pantauan Fakta Pers Media, Kamis (2/6/2016) meski sudah pukul 10.00 WIB tiang bendera di halaman kantor tersebut tidak nampak kibaran Bendera Merah Putih seperti biasa alias kosong.

“Wah… Kantor Dispenda Palas  Hebat”, inilah yang tercetus di benak wartawan Fakta Pers Media saat melihat beberapa kejanggalan terhadap kantor tersebut yang tampil beda dengan kantor Satker yang ada di Kabupaten Palas.

Terkait dengan penemuan tersebut, mari ingat kembali Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.  Pasal 4  Ayat (1) poin (e), wajib dikibarkan setiap hari di gedung atau di kantor lembaga pemerintah daerah.

Meski penggunaan bendera negara jelas aturan mainnya. Tapi faktanya, Kantor Dispenda Kab Palas, masih belum patuh terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Diketahui terdapat empat Satker lain yang berdekatan dengan Kantor Dispenda Kab Palas, yakni Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Energi, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kantor Badan Perizinan dan Kantor Badan Kepegawaian Daerah.

Tentu saja padatnya aktifitas terlihat dari banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang parkir di halaman kantor. Para pegawai di kantor dinas tersebut lalu lalang, tetapi tidak ada satu pun yang memperhatikan Kantor Dinas Pendapatan Daerah yang tidak mengibarkan bendera merah putih.

Kuat dugaaan,  peristiwa ini adalah Pelecehan Simbol Negara yang dilakukan oleh beberapa pegawai pemerintah.

Zaskia Gotik (artis penyanyi dangdut) dilaporkan ke polisi karena diduga menghina lambang negara Indonesia pada salah satu acara di televisi swasta nasional. Lantas bagaimana dengan kantor Dispenda Kab. Palas yang tidak mengibarkan bendera merah putih pada saat jam kerja?.  Apakah hal ini juga tidak masuk dalam bagian  menghormati lambang negara?

Mengibarkan bendera merah putih di halaman kantor pemerintahan termasuk dinas-dinas pemerintah daerah menjadi kewajiban untuk membuktikan bahwa kantor tersebut adalah bagian dari NKRI. Tetapi jika hal itu tidak dilakukan maka keberadaan instansi tersebut patut dipertanyakan.

002

Ditambah lagi dari empat kantor tersebut hanya Dispenda Kab. Palas yang tidak memiliki papan nama kantor, padahal Permendagri nomor 3 Tahun 2005, tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota,  Bab VII Pasal 29 sampai 32,  sudah terpampang jelas akan aturan dan acuan papan nama kantor. Ada apa dengan Kantor Dispenda Kab. Palas?

“Wah…,Tanpa papan nama dan bendera, Kantor Dispenda Palas dinilai paling hebat diantara kantor dinas yang ada se-Padang Lawas”, ketus salah seorang yang melihat kejanggalan terhadap kantor Dispenda Palas yang tak biasa di Kab Palas.

Diminta kepada Bupati Padang Lawas menegur keras atas SKPD yang menyalahi ketentuan dimaksud untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme di lingkungan Satker yang ada, termasuk cinta terhadap lambang negara, dan Permendagri Nomor 3 Tahun 2005,   perlu ada pengawasan secara intens terhadap masalah ini. (Robert Nainggolan Sangparhusive)

Komentar

News Feed