Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaKadis Pertamanan dan Pemakaman Temukan 164 Makam Fiktif di TPU Kristen Tegal...
Array

Kadis Pertamanan dan Pemakaman Temukan 164 Makam Fiktif di TPU Kristen Tegal Alur

Jpeg

FAKTA PERS – Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan pengusutan terhadap adanya dugaan makam fiktif di berbagai Taman Pemakaman Umum (TPU) di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Seperti yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen Tegal Alur, Kali Deres Jakarta Barat, setelah dilakukan verifikasi data oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman bersama Wakil Wali Kota Jakarta Barat dan Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Barat (29/7/2016).

Untuk memastikan makam tersebut kosong atau tidak berisi, Kadis Pertamanan dan Pemakaman melakukan pembongkaran terhadap 2 makam fiktif tersebut.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin mengatakan, pihaknya telah mendata sebanyak 164 makam fiktif di TPU Kristen Tegal Alur. “Namun, untuk sementara  hanya 2 makam yang kita bongkar”, ujar Djafar.

makam fiktif2

“Dua makam tersebut ahli waris dari keluarga yang sudah membuat pernyataan untuk pembongkaran makam fiktif itu. Hal itu jelas melanggar Perda No. 3 Tahun 2007, Pasal 37 Tentang larangan pemesanan makam,” jelasnya lagi kepada wartawan Jumat (29/7/2016).

Djafar menjelaskan, hasil pendataan sementara, terdapat 7 lokasi Tempat pemakaman umum TPU yang terdapat makam fiktif. Diantaranya, TPU Tegal alur, Menteng Pulo, Pondok rangon, Kawi Kawi, Karet, Pasar Baru, Kampung Kandang.

“Hingga saat ini yang kita data totalnya ada 376 makam fiktif, namun kita akan terus telusuri,” pungkasnya.

Suku dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Barat Uus Kuswanto menyatakan  di wilayah Jakarta Barat ditemukan 167 makam fiktif.

“Diantaranya di TPU Joglo, kita temukan 2 makam fiktif. Di TPU Islam Tegal Alur, kita temukan 1, dan  di TPU Kristen Tegal Alur ada 164 makam fiktif,” ujar Uus kuswanto.

(Hery Lubis)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments