oleh

Lurah Meruya Utara Gelar Musyawarah Terkait Parkir Liar di Sepanjang Jalan Pesanggarahan

-Daerah-422 views

IMG-20160823-WA0001

FAKTA PERS – Jakarta.

Parkir liar di sepanjang tepi jalan jelas mengganggu pejalan kaki terutama menimbulkan kemacetan lalu lintas. Oleh sebab itu, Lurah Meruya Utara Pangestu Aji Swandhanu, STP, MAP, menggelar kegiatan musyawarah di Aula Kantor Kelurahan Meruya Utara terkait penataan parkir di Jl. Pesanggrahan Kelurahan Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, pada Senin (22/08/2016).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kembangan Agus Hamdani S.Sos, Kepala UPT Parkir Jakarta Barat, RT, RW, LMK, dan para pelaku usaha. Musyawarah ini dilaksanakan sebagai wujud menindaklanjuti aduan warga mengenai parkir yang menggunakan badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Sebagaimana diketahui, jalan Pesanggrahan tersebut merupakan parkir liar dan belum masuk dalam pembinaan dan penataan oleh UPT Parkir.

Dalam kegiatan musyawarah ini aparat dan warga membahas persoalan terkait penataan parkir agar tidak mengganggu lalu lintas dan pejalan kaki, kenyamanan para pelaku usaha yang berjualan di sepanjang jalan, serta terbebas dari premanisme atau juru parkir liar. Sementara itu, dengan adanya pembinaan dan penataan parkir dapat meningkatkan PAD dari retribusi parkir untuk pembangunan di Pemprov DKI Jakarta.

Secara keseluruhan para pelaku usaha sangat setuju dengan program penataan parkir dari pemerintah, dimana diketahui sepanjang jalan Pesanggrahan ini merupakan pusat usaha kuliner.

Kepada Lurah Meruya Utara Pangestu Aji Swandhanu, STP, MAP, para pelaku usaha mengutarakan aspirasinya yang menginginkan kenyamanan dalam melanjutkan usahanya. Menurut Aji, aparat pemerintah sudah menyarankan kepada para pelaku usaha untuk memiliki lokasi parkir sendiri. Namun, karena keterbatasan lahan mereka tidak dapat menyediakan tempat parkir tersebut. Sebagian pelaku usaha ada yang memiliki lokasi parkir sendiri yang letaknya sedikit jauh dari tempat usaha, namun konsumen kurang setuju karena keamanan kendaraannya.

Dalam kesempatan itu pula, Camat Kembangan Agus Hamdani S.Sos mensosialisasikan bahwa ada program peninjauan kembali zonasi dari Dinas Penataan Kota Pemprov DKI kepada pelaku usaha.

Hasil dari musyawarah menyimpulkan bahwa para pelaku usaha menginginkan kebijakan dari pemerintah terkait usahanya di sepanjang jalan Pesanggrahan dan setuju adanya pembinaan dan penataan parkir.

Persoalan penataan parkir tersebut akan diteruskan ke Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat agar dapat menetapkan kebijakan yang terbaik sesuai ketentuan yang berlaku.

(Umar S)

Komentar

News Feed