oleh

Menyalahi Perizinan, Sebuah Bangunan Dibongkar Paksa Petugas PK Kalideres

Jpeg

FAKTA PERS – Jakarta.

Sebuah bangunan rumah tinggal tiga lantai di Komplek Perumahan Citra Garden 1 Blok D 8 No.7, Kalideres, Jakarta Barat dibongkar paksa oleh Kasie Penataan Kota, Kecamatan Kalideres.

Bangunan dengan nomor IMB 220/8.1/31.73.06.0000/2015 pemilik Faustinus Irawan tersebut menyalahi izin peruntukan. Dalam papan kuning Izin Mendirikan  Bangunan ( IMB ) bangunan tersebut tercantum ‘Rumah Tinggal’, namun fisik bangunan itu diperuntukan untuk kos-kosan.

“Bangunan itu sebenarnya telah mengantongi izin IMB Rumah Tinggal tiga lantai, namun di dalam bangunan itu ternyata ada sekitar 22 kamar untuk kos-kosan,” terang Kasie Penataan Kota Kecamatan Kalideres Agung Wijanarko di sela-sela pembokaran, selasa ( 9/8 ).

Jpeg

Selain menyalahi peruntukan bangunan rumah tersebut melanggar Garis Sepadan Bangunan ( GSB ) sebanyak satu setengah meter.

“Karena dia sudah melanggar ketentuan, jadi harus di bongkar”, ujar Agung.

Menurut Agung sekarang pemerintah daerah ( Pemda ) DKI Jakarta sudah mengeluarkan aturan bahwa kos-kosan sudah bisa mendapatkan izin IMB untuk kos-kosan.

Semetara itu Lurah Kalideres M. Fahmi yang turut mengawal pembongkaran bangunan tersebut  berharap agar masyarakat taat pada aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Saya harap masyarakat ketika membangun rumah tinggal memiliki surat-surat izin yang dikeluarkan oleh dinas terkait dan harus sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku terutama IMB,” katanya.

“Kalau sudah begini, lanjut dia, pemilik bangunan sendiri yang dirugikan. Uang yang telah dikeluarkan untuk membangun rumah jadi sia-sia,” pungkasnya.

(Hery Lubis)

Komentar

News Feed