Rabu, Juni 16, 2021
BerandaPemicu Kerusuhan Minta Maaf, Kondisi Tanjung Balai Kembali Aman dan Harmonis
Array

Pemicu Kerusuhan Minta Maaf, Kondisi Tanjung Balai Kembali Aman dan Harmonis

wali kota tanjung balai m syahrial

FAKTA PERS – Medan.

Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial menuturkan kondisi Tanjungbalai saat ini sudah kembali aman dan harmonis pasca kerusuhan di Kota Tanjung Balai beberapa waktu lalu.

“Masyarakat kita sudah kembali aman, harmonis dan bersatu. Saat ini Tanjungbalai sudah kembali aman,” kata Wali Kota Tanjung Balai, M Syahrial, kepada wartawan melalui siaran persnya Minggu (7/8/2016).

Dalam insiden kerusuhan yang mengakibatkan pengerusakan dan pembakaran vihara dan klenteng ini kondisinya juga sudah membaik. Masyarakat kembali melakukan perbaikan dan pembangunan terhadap bangunan-bangunan rumah ibadah Tionghoa yang rusak.

M Syahrial mengatakan, sejumlah pemuda yang diamankan oleh aparat kepolisian karena diduga sebagai provokator itu juga dibebaskan dengan jaminan langsung dari Wali Kota Tanjung Balai.

Kendati demikian, untuk dua orang yang ditangkap Mabes Polri sebagai provokator kerusuhan di Tanjung Balai dengan menyebarkan foto-foto ke media sosial (medsos) tetap dilakukan pemeriksaan karena melanggar UU Cyber Crime.

“Pemko Tanjung Balai mengajak Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Dandim 033/TBK, Gubernur Sumut, Ketua Pengadilan Tanjung Balai, Kejaksaan Negeri Tanjung Balai, DPRD Tanjung, FKUB dan tokoh masyarakat, bersama-bersama menjaga kerukunan beragama supaya kerusuhan serupa tidak terulang kembali,” jelas M Syahrial.

Langkah pengondusifan diambil Pemko Tanjung Balai dengan menjalin kerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tanjung Balai, Aliansi Islam, MUI, Kemenag Sumut dan tokoh masyarakat Tanjung Balai, untuk mengantisipasi ada kerusuhan terhadap toleransi umat beragam yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

“Untuk Meliana warga Tionghoa yang merupakan pemicukerusuhan di Tanjungbalai sudah meminta maaf kepada pemerintah, masyarakat dan disaksikan langsung wali kota,” terang Wali Kota Termuda di Indonesia tersebut.

(Jhonnedi)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments