oleh

Korban Terus Bertambah, Tim SAR Gabungan Terus Berupaya Evakuasi Korban Banjir Bandang dan Longsor di Garut Jawa Barat

-Daerah-277 views

IMG-20160921-WA0010

FAKTA PERS – Garut.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Garut pada Selasa 20 September 2016, menyebabkan Sungai Cimanuk semakin meluap ke permukaan. Sekitar pukul 23.00 WIB, debit air sungai semakin meningkat dan menyebabkan bencana banjir. Beberapa Kecamatan di Kabupaten Garut terendam dengan ketinggian skitar 1,5 m hingga 3 meter. Beberapa rumah dan kendaraan milik warga terlihat terbawa arus.

Berdasarkan laporan, ada 7  kecamatan yang terkena banjir diantaranya, Tarogong Kidul, Garut Kota, Karangpawitan, Bayongbong, Tarogong Kaler, Samarang dan Banyuresmi.

IMG-20160921-WA0012

Akibat banjir bandang ini banyak korban jiwa berjatuhan. Laporan resmi dari Posko Tanggap Darurat Banjir Bandang Kab Garut menyebutkan 16 orang tewas dan 8 orang masih dalam pencarian.

Tim SAR Gabungan dari Basarnas, BNPB,  BPBD Kab. Garut, BPBD Prov Jawa Barat, TNI, POLRI, Dinas PU, Tagana, Senkom Polri, NGO dan relawan melakukan evakuasi korban. Posko darurat, dapur umum, dan posko kesehatan telah didirikan. Sekitar 1000 jiwa  diungsikan di Korem 062 Tarumanegara, Kodim 0611 Garut, dan beberapa pos pengungsian lain.

Banjir bandang yang disertai longsor ini mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan parah. Dampak kerusakan rumah dan bangunan masih dalam pendataan.

Sementara itu, Sumedang yang jaraknya dekat dengan Garut juga mengalami bencana alam longsor sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (20/9/2016). Penanganan darurat longsor di Sumedang juga masih dilakukan.

Tercatat 6 titik wilayah di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terdampak bencana longsor diantaranya, Dusun (Dsn) Ciherang, Dsn. Ciguling, Dsn. Singkup, Dsn. Cimareme, Dsn. Babakan Gunasari, dan Desa Ciherang.

Tim SAR gabungan terus berupaya dalam mengevakuasi korban jiwa yang kemungkinan akan semakin bertambah. Berdasarkan pantauan di lokasi, tercatat  3 orang tewas, 2 orang luka dan 1 orang masih dalam pencarian. 3 unit rumah rusak, 1 mushola hancur dan 200 rumah terdampak longsor rusak berat di Dusun Ciherang. Di Dusun Cimareme ada 2 unit rumah tertimbun, dan di Dusun Babakan Gunasari 100 jiwa dievakuasi.

(Umar S)

Komentar

News Feed