Jumat, Juli 30, 2021
BerandaLanjutan Peningkatan Jalan Sp Mareno Amburadul, Konsultan Pengawas PT ARTEK UTAMA Dipertanyakan
Array

Lanjutan Peningkatan Jalan Sp Mareno Amburadul, Konsultan Pengawas PT ARTEK UTAMA Dipertanyakan

DSCN1911
PT MITRA PUTRA HARAPAN dengan nomor kontrak 620/02/WIL-III-BM/SPKKHS/VII/2016, waktu 120 kerja dengan dana sebesar Rp.2.970.000.000 bersumber dari dana Dak SPP Jalan dan diawasi PT ARTEK UTAMA sebagai konsultan pengawas kegiatan dinilai cacat kualitas dan kuantitas.

FAKTA PERS – Padang Lawas.

Kegiatan lanjutan peningkatan Jalan Simpang Provinsi Desa Mareno Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) Sumut, amburadul dan asal jadi.

Pasalnya proyek yang dikerjakan oleh PT MITRA PUTRA HARAPAN dengan nomor kontrak 620/02/WIL-III-BM/SPKKHS/VII/2016, serta menggunakan dana sebesar Rp.2.970.000.000 yang bersumber dari dana Dak SPP Jalan dan diawasi PT ARTEK UTAMA sebagai konsultan pengawas kegiatan dinilai Mangkir, bangunan yang ada dinilai cacat kualitas dan kuantitas.

Pantauan Fakta Pers Media pada Selasa (20/9), tampak batu spilit (batu pecah) yang ditebarkan pada bes jalan dibiarkan begitu saja tanpa ada pengerasan, ditambah lagi pada saat pekerjaan tidak ada terlihat marka jalan sebagai pemberitahuan kepada penggunan jalan, sehingga penggunan jalan sering mengalami kecelakaan tunggal karena tergelinjir akibat batu krikil yang berserakan di badan jalan, sementara konsultan pengawas Mangkir dalam tupoksi, tentu saja ini menjadi celah bagi pemilik proyek mengingat konsultan pengawas juga tidak pernah hadir mengawasi kegiatan.

DSCN1907

Demikian juga pemasangan batu susun yang digunakan untuk gorong-gorong plat deker (jembatan) dinilai amburadul, pasalnya pasangan batu pada plat deker mudah tergerus, kuat dugaan komposisi semen dan pasir tidak sesuai spesifikasi yang ada dalam kontruksi umum, begitu juga dengan gorong-gorong yang diketahui satu paket dengan peningkatan jalan baru di pasangkan sudah pecah.

Salah satu pengguna jalan yang mengaku warga Desa Mareno bermarga Tanjung sangat kesal terhadap ulah kontraktor. “Inilah bang, jalan ini memang jarang dipadati kendaraan, namun karna itulah kita sering agak kencang membawa kendaraan kita, nah rupanya di depan banyak krikil berserakan sehingga saya tergelincir, kalau keadaan jalan seperti ini rem pun nggak bakalan mempan bang, hendaknya kontraktor juga harus memikirkan kami pengguna jalan dengan memberikan marka jalan sebagai pemberitahuan.

Kekecewaan tersebut juga dialami Ali warga desa yang sama mengaku sangat kecewa dengan pembangunan gorong-goron dan palat deker yang dilihatnya saat melintasi jalan tersebut, ”Seharusnya kualitas platdeker dibangun dengan kualitas bagus, sehingga kami dapat melaluinya dengan rasa nyaman dalam berkendara, tapi yang saya lihat malah sebaliknya, batu pasang pada plat deker mudah tergerus, gorong-gorong sudah pecah, Pemilik proyek saya dengar adalah ketua KNPI Sidempuan, biasanya mengendari mobil kijang kapsul, saya tidak ingin dikatakan sebagai penonton saja bang di desa saya, tolong dijelaskan kebobrokan proyek ini ke publik, pemborong hanya memanfaatkan daerah kami saja sebagai sarana untuk memuluskan niatnya mencari keuntungan”.

Pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) Binamarga pada Dinas PU TAMBEN Palas, Ardi saat ditanyai Fakta Pers Media terkait  Proyek Peningkatan Jalan Simpang Provinsi Desa Mareno, Kecamatan Aek Nabara Barumun, membenarkan bahwa konsultan pengawas PT ARTEK UTAMA tidak pernah dilihat untuk mengawas, sedangkan terkait gorong-gorong yang pecah, ia mengaku baru mengetahui atas informasi dari Fakta Pers Media, sedangkan terkait Marka jalan, pihaknya berjanji akan menegur kontraktor untuk segera memasangnya.

“Memang benar konsultan pengawas kegiatan adalah PT ARTEK UTAMA, namun sampai saat ini saya belum pernah bertemu dengan perwakilannya, kalau mengenai gorong-gorong terus terang saya baru tahu, tapi saya berjanji secepatnya saya akan memperingatkan kontraktor untuk menggantinya, begitu juga tentang Marka jalan agar segera di pasang”, terang Ardi PPTK Binamarga Dinas PU TAMBEN Palas. (R9)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments