Kamis, Juni 17, 2021
BerandaPKL di Jalan Cengkeh kembali ke Kota Tua Ditertibkan Petugas Gabungan Pemkot...
Array

PKL di Jalan Cengkeh kembali ke Kota Tua Ditertibkan Petugas Gabungan Pemkot Jakarta Barat

IMG-20160916-WA0026

FAKTA PERS – Jakarta.

Upaya Pemkot Jakarta Barat memindahkan pedagang kaki lima yang ada di Kota Tua ke Jalan Cengkeh beberapa waktu lalu tampaknya belum membuahkan hasil yang maksimal.

Hal ini membuat aparat gabungan Pemkot Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat, kembali melakukan operasi penertiban PKL dan parkir liar di kawasan Kota Tua Jakarta Barat, Jumat (16/09/16).

Hal ini dilakukan lantaran masih banyak para pedagang kaki lima dan parkir liar yang kembali berjualan di kawasan Kota Tua dan parkir liar yang dianggap mengganggu ketertiban umum.

Sebelum melakukan penertiban, aparat gabungan terdiri dari Dishub, Satpol PP, Dinas Kebersihan, Dinas Sosial, Subgar 0503/JB, Koramil 02/Tamansari dan Polsek Metro Taman Sari Jakarta Barat, melakukan apel bersama di halaman Kota Tua yang dipimpim langsung oleh Kapolsek Taman Sari Jakarta Barat AKBP Nasriadi.

IMG-20160916-WA0027

Operasi Penertiban  tersebut didampingi Bapak Paris Limbong, Camat Tamansari dan Wadanramil 01/Taman Sari Kapten Inf Suwarno.

Dalam apel gabungan ini, Kapolsek Jakarta Barat AKBP Nasriadi menekankan pada aparat gabungan untuk serius dalam menangani permasalahan ini. Bahkan, pihaknya tidak mentoleransi lagi adanya para PKL dan parkir liar serta adanya aduan dari masyarakat.

Nasriadi menegaskan tidak ada lagi parkir resmi di kawasan Kota Tua. Justru dirinya menyarankan seluruh kendaraan pengunjung dan pedagang kaki lima (PKL) berada di lahan parkir Jalan Cengkeh yang lokasinya tidak jauh dari Kota Tua Tamansari Jakarta Barat.

“Penertiban parkir liar kali ini kita lakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum, kepada para petugas agar melaksanakannya secara tertib dan lancar serta tetap mengutamakan tindakan persuasif,” ucap Paris Limbong Camat Tamansari.

“Bagi Para pemilik motor yang terangkut motornya terkena razia penertiban parkir liar dapat mengkonfirmasi kepada Dinas Perhubungan Jakarta Barat dengan membawa segala kelengkapan surat-surat kepemilikan kendaraannya yang harus sesuai dengan nama dan identitas yang tercantum di STNK dan BPKB masing-masing,” ujar salah seorang petugas DLLAJ Dishub Jakarta Barat yang sedang bertugas dilokasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat menambahkan pihaknya menugaskan 66 orang personel tetap untuk menjaga di daerah kawasan Kota Tua. Mereka akan ditugaskan memantau dan merazia para PKL dan parkir liar hingga larut malam. “Operasi ini setiap hari akan dilakukan pemantauan,” ungkapnya.

Seperti biasanya pada setiap malam Minggu Kota tua dipenuhi pengunjung. “Namun para pemilik motor menaruh motor ditempat yang ada lahan kosong di bahu jalan, karena ada yang mengkoordinir parkiran tersebut,” ucap Tomo.

(Hery Lubis)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments