Kamis, Juli 29, 2021
BerandaSudin Pariwisata Jakarta Barat Gelar Kompetisi 'Sapta Pesona' Bagi Pengusaha Industri Pariwisata
Array

Sudin Pariwisata Jakarta Barat Gelar Kompetisi ‘Sapta Pesona’ Bagi Pengusaha Industri Pariwisata

Jpeg
Jpeg

FAKTA PERS – Jakarta.

Kegiatan kompetisi ‘Sapta Pesona’ bagi pengusaha industri pariwisata Jakarta Barat 2016 ini merupakan salah satu bentuk program pembangunan pemasaran dan promosi pariwisata di Sektor Pariwisata. Karena Jakarta Barat sebagai kota hiburan dan perdagangan diharapkan pertumbuhan industri pariwisatanya terus berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam rangka memberikan penghargaan dan apresiasi kepada 4 jenis usaha pariwisata yang meliputi bidang atau jenis usaha Hotel Melati, Rumah Makan, Karaoke dan biro perjalanan wisata (BPW) yang terbaik dalam mengimplementasikan 7 unsur sapta pesona yaitu, keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, ramah, dan ketenangan.

“Maksud dan tujuannya dilaksanakan acara Sapta Pesona tersebut untuk memacu agar 4 jenis usaha pariwisata tersebut diatas lebih meningkatkan kwalitas pelayanan dan menerapkan standar usaha. Sehingga kedepannya mampu bersaing dan berkompetensi dalam pasar bebas MEA Masyarakat Ekonomi Asean di tahun 2016”, ujar  Kasudin Pariwisata Jakarta Barat Linda Endiany SE, MM.

Dijelaskannya, kegiatan ini telah dimulai dengan mengirimkan surat pemberitahuan dari Wali Kota Jakarta Barat No.1699/-1858.9. tanggal 29 Juli 2016 kepada pengusaha pariwisata (Hotel Melati,49 Rumah Makan,61 Karaoke 50 dan 44 trevel) dengan cara mengisi formulir kesediaan dan mengirimkannya kembali melalui fax/email ke Sudin sampai dengan tanggal 22 Agustus 2016. Kegiatan tersebut tidak dipungut biaya.

Dengan target 60 pengusaha yang akan menjadi nominasi Juara 1,2,3, dan Juara Harapan 1 dan 2 dari 15 masing masing jenis usaha. Selanjutnya akan dilakukan penilaian ke lokasi usaha selama 7 hari kerja.

Dewan juri yang melakukan penilaian berjumlah 12 orang yang diambil dari kementrian Pariwisata RI, Akademisi Tridaya Jakarta, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHR) DKI Jakarta dan association of the Indonesia Tour & Trevel Agencies pengusaha hiburan Indonesia (ASPEHINDO) DKI Jakarta.

Kegiatan pengumuman dan penyerahan hadiah berupa uang, Trophy, dan Piagam Penghargaan kepada pemenang di serahkan langsung oleh Wali Kota Jakarta Barat H M Anas Effendi bersama Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Barat Linda Endriani di ruang Annex Lt 2 gedung B Kantor Walikota Jakarta Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Barat dan para pengusaha industri pariwisata yang ada di wilayah Jakarta Barat.

Walikota Jakarta barat pada sambutannya menyampaikan, Dengan dibukanya kompetensi ‘Sapta Pesona’ yang diselenggarakan oleh Sudin Pariwisata diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di industri pariwisata.

Dia juga mengajak seluruh industri pariwisata melengkapi seluruh sarana dan prasarana, sehingga dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi turis lokal, domestik dan mancanegara di Jakarta.

Jakarta mempunya potensi pariwisata yang sangat tinggi bahkan menjadi tujuan utama turis lokal maupun turis asing untuk industri pariwisata yang ada di wilayah DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Barat.

Diharapkan industri pariwisata dapat terus mendongkrak potensi ekonomi dari semua sektor jasa perdagangan kuliner dan hiburan di wilayah Jakarta Barat.

(Hery Lubis)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments