oleh

Bupati Aceh Utara : Aceh Harus Kembali Jaya Seperti Dulu

-Daerah-366 views
calon petahana bupati aceh utara (2)
Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib didampingi Kabag Humas Aceh Utara saat, merupkan calon Petahana yang akan maju dalam Pilkada 2017 mendatang (Foto : Mukhlis Amin)

FAKTA PERS – Lhokseumawe.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib mengungkapkan, “Aceh pada masa dulu sangat jaya dan populer bukan hanya di Indonesia, bahkan diseluruh dunia nama Aceh dikenal, baik dengan ekonomi, perdagangan, adat istiadat, budaya, kerajaan dan agama serta  sumber daya alam yang begitu melimpah, karena itu tidak jarang negara asing melirik Aceh sebagai sebuah daerah yang penuh potensial untuk dikembangkan dan dikuasai.”

“Namun, saat ini Aceh khususnya Kabupaten Aceh Utara, seiiring makin menipisnya stok gas alam cair sekaligus matinya beberapa proyek raksasa, Kabupaten ini bagaikan tenggelam dan mati suri, karena itu perlunya peningkatan sektor pertanian dan pengembangan sektor sumber daya manusia yang handal, skil yang mampu membawa perubahan Kabupaten ini dalam meraih puncak kejayaan seperti dimasa-masa lalu.”

Demikian salah satu butir pesan Bupati Aceh Utara yang akrab disapa Cekmad disela-sela cara penyerahan bantuan Kemensos RI senilai Rp 1,4 Milyar bagi masyarakat miskin kawasan pesisir di Kecamatan Seuneddon baru-baru ini. Berbagai terobosan lain bagi masyarakat pesisir menjadi prioritas dirinya, disamping program pemberdayaan ekonomi lainnya. Salah satu program unggulan yang akan direalisasi jika dirinya terpilih kembali pada Pilkada 2017 nanti, akan menggalakkan Koperasi bagi para nelayan, agar memudahkan nelayan dalam rangka meningkatkan ekonomi, selain itu program bantuan boat dan perumahan bagi nelayan.

“Insya Allah jika nanti masyarakat masih mempercayai saya menjabat Bupati, akan ada program lanjutan, baik bagi nelayan, petani, masyarakat miskin, dan sektor pemberdayaan ekonomi sosial masayarakat miskin,” ujarnya.

Calon Petahana yang diusung dari Partai Lokal terbesar di Propinsi Aceh yaitu Partai Aceh, merupakan putra kelahiran Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara berpasangan dengan Fauzi Yusuf alias Sidompeng. Dirinya mengungkapkan, diawal kepemimpinannya, keuangan Kabupaten yang memiliki jumlah Desa dan Kecamatan terbanyak di Aceh ini tidak seimbang, bahkan sangat sedikit jika dibandingkan dengan pertumbuhan dan kebutuhan penduduk, namun dengan tekad yang kuat serta kerjasama SKPD yang begitu berat, dapat tertangani walaupun tidak seluruhnya. “ini yang harus kita pegang, jangan anggaran banyak tapi masyarakat morat-marit, tapi gunakan anggaran yang minim itu tepat sasarana dan tepat guna,” pinta Cekmad.

Dalam kesempatan lain, Visi dan Misi calon bupati yang berpasangan dengan Fauzi Yusuf ini yang utama adalah peningkatan sumber daya manusia dan kemudian pembangunan irigasi. Dijelaskan juga potensi ekonomi Aceh Utara terbagi tiga zona yaitu pertanian, perkebunan dan perikanan. “Aceh itu akan kembali jaya, jika sektor pertanian dan perkebunan kita tingkatkan, dua sektor ini melahirkan perdagangan seperti Aceh Utara yang pernah jaya di Era Tahun 1971-1972,” jelasnya. (Mukhlis)

Komentar

News Feed